JawaPos Radar

Sopir Bus Maut di Tanjakan Emen Resmi Tersangka

12/02/2018, 17:00 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi
Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto saat menghadiri rapat pleno penetapan paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di Kantor KPU Jabar, Bandung, Senin (12/2). (Siti Fatonah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Jajaran Polda Jawa Barat resmi menetapkan pengemudi bus pariwisata yang terguling dan menyebabkan puluhan korban jiwa di Tanjakan Emen, Subang sebagai tersangka.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto menegaskan pihaknya menetapkan pengemudi bus pariwisata yang membawa rombongan Koperasi Simpan Pinjam Permata, Ciputat Tangerang Selatan tersebut karena sejumlah alasan.

Yang bersangkutan, imbuhnya dinilai bertanggung jawab penuh atas insiden tersebut. Terlebih pengemudi sudah mengetahui bus yang dikemudikannya tersebut ternyata tidak laik jalan.

“Pengemudi bus pariwisata di Tanjakan Emen sudah kita tetapkan sebagai tersangka. Inisialnya AM," kata Agung usai acara sidang pleno di KPU Jawa Barat, Bandung, Senin (12/2).

Dari keterangan dan pemeriksaan sejumlah saksi serta pengemudi sendiri, jelas kesalahan berada di tangan pengemudi. "Jadi di saat di Setiabudi di restoran, tahu bahwa kondisi rem sebelah kiri belakang, itu bocor. Terus diakal-akal, ditutup supaya tidak bocor lagi," jelasnya.

Agung menyatakan dengan kondisi rem blong dengan jalanan yang menurun, maka bus akan menahan beban lebih besar. "Kalau dalam kondisi rata, fine karena tidak ada beban, tetapi kalau turunan itu kita nahan tiga kali beban," pungkasnya.

Sebelumnya telah terjadi kecelakaan maut bus pariwisata terbalik di Tanjakan Emen, Ciater, Kabupaten Subang, Sabtu (10/2). Dalam kecelakaan tersebut memakan korban jiwa sebanyak 27 orang.

(ona/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up