alexametrics

KPAI Senang Predator Santriwati Dituntut Hukuman Mati dan Kebiri

12 Januari 2022, 11:59:00 WIB

JawaPos.com – Pelaku pemerkosa 13 santriwati, Herry Wirawan di Bandung Jawa Barat telah menjalani sidang lanjutan. Hasilnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Herry dengan hukuman pidana mati serta kebiri kimia.

Mengenai hal itu, Kepala Divisi Pengawasan, Monitoring dan Evaluasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra berharap tuntutan tersebut memberikan rasa keadilan bagi para korban. Apalagi, pelaku mengatakan bahwa alasan melakukan tindakan tersebut karena khilaf.

“Semoga tuntutan Jaksa tersebut membawa rasa keadilan bagi 13 santri dan bayi bayinya serta keluarga yang menjadi korban,” ungkap Jasra kepada JawaPos.com, Rabu (12/1).

Selain menjerat pelaku kejahatan seksual atas kejahatan luar biasanya, Jaksa juga meminta semua peninggalan pelaku menjadi jaminan masa depan anak, serta meminta pelaku membayar restitusi atas perbuatannya kepada semua korban.

“Kita perlu mengapresiasi tuntutan Jaksa yang mewakili rasa keadilan keluarga korban dan masyarakat, apalagi hasil putusan itu diusulkan kepada hakim dengan memperhatikan dan berpusat pada pemulihan korban jangka panjang. Tentu kita akan menghormati apapun keputusan hakim atas tuntutan Jaksa tersebut,” tuturnya.

Menurutnya, apa yang terjadi di proses persidangan pelaku menunjukkan komitmen penegakan hukum yang berpusat pada pemulihan korban, masa depan anak anak dan masa depan bayi yang menjadi korban pelaku. Ini tentunya akan memberikan efek jera bagi para predator seksual.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads