alexametrics

Pengadilan Tinggi DKI Pelajari Memori Banding Jessica

12 Januari 2017, 18:24:33 WIB

JawaPos.com – Pihak Pengadilan Tinggi DKI Jakarta akan mempelajari berkas memori banding atas putusan hukum yang diajukan terdakwa Jessica Kumala Wongso.

“Berkas banding sudah ada di Pengadilan Tinggi,” ucap Humas Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Heru Pramono, Kamis (12/1).
Menurut dia, majelis hakim untuk memutus banding Jessica juga sudah dibentuk. Majelis Hakim akan diketuai oleh Elang Prabowo dan beranggotakan Pramudana dan Sri Anggarwati.

Dikatakan Heru, saat ini majelis masih dalam tahap pembacaan berkas. Untuk memutuskan hasil dari memori banding itu hakim perlu membaca dahulu berkas-berkas tersebut. Karena perkara ini tidak disidang secara langsung.

“Maka masing-masing majelis ada kesempatan baca berkas dulu. Nanti, kalau sudah, ketua majelis tentukan untuk musyawarah, baru nanti diucapkan putusannya. Intinya seperti itu,” jelas Heru.

Sebelumnya, baik tim kuasa hukum Jessica dan jaksa penuntut umum telah menyerahkan memori banding dan memori kontra banding. Kedua pihak berharap Pengadilan Tinggi dapat memutus dengan seadil-adilnya.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Tinggi DKI mengatakan, inti dari memori kontra banding yakni menguatkan pertimbangan hakim. Menurutnya pertimbangan hakim sependapat dengan jaksa penuntut umum.

Sementara itu, Ketua Tim Kuasa Hukum Jessica, Otto Hasibuan menjelaskan, pihaknya memasukan salah satu temuan aneh dalam memori banding. Temuan itu yakni di dalam berkas yang mereka temukan, ada barang bukti berupa flashdisk 64 gigabyte yang sama sekali tidak pernah ada di persidangan.  “Padahal barang bukti yang ada dulu hanya flashdisk 32 gigabyte yang diungkap di persidangan,” tuturnya.

Seperti diketahui, Jessica divonis 20 tahun penjara. Jessica terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pembunuhan berencana terhadap Wayan Mirna Salihin. Atas putusan itu kubu Jessica banding. (elf/JPG)

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:


Pengadilan Tinggi DKI Pelajari Memori Banding Jessica