alexametrics

Soal Papua, JK Sebut Pemerintah yang jadi Korban Pelanggaran HAM

11 Desember 2018, 20:00:45 WIB

JawaPos.com – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menggelar acara peringatan Hari HAM Internasional. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pun hadir, mewakili Presiden yang berhalangan.

Dalam sambutannya, JK mengatakan, soal pelanggaran HAM, beberapa waktu terakhir pemerintah juga menjadi korban. Salah satunya pekerja PT Istaka Karya di Papua yang ditembaki secara sadis oleh kelompok pemberontak.

“Pemerintah juga dilanggar hak-haknya. Apa yang terjadi di Papua tentu kita menyadari siapa yang menjadi pelanggar HAM,” ujar JK di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (11/12).

Dengan contoh tersebut, JK meminta maka pemerintah jangan lagi dituduh melakukan pelanggaran HAM. Karena toh nyatanya pemerintah juga menjadi korban HAM.

“Jadi pemerintah bukan hanya dalam posisi selalu tertuduh, tapi pemerintah menjadi korban HAM tersebut,” katanya.

Lebih lanjut JK mengatakan, pemerintah berkomitmen terhadap penuntasan kasus HAM. Bahkan dia berkomitmen agar kasus pelanggaran HAM di Indonesia tak lagi terulang.

“Karena itulah pemerintah membentuk Komnas HAM. Ini dalam rangka semua kita menghargai hak-hak dasar manusia,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (gwn/JPC)



Close Ads
Soal Papua, JK Sebut Pemerintah yang jadi Korban Pelanggaran HAM