alexametrics

Pos TNI di Yigi Diserang KKB, Dua Anggota Terluka

11 Desember 2018, 14:21:09 WIB

JawaPos.com – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan penyerangan. Kali ini, pos TNI yang dibentuk di Yigi, Nduga, Papua, pasca pembantaian menjadi sasarannya.

Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Infanteri Muhammad Aidi mengatakan, penyerangan ini berlangsung pada pagi tadi sekitar pukul 06.15 WIT. Kontak senjata pun tak terelakkan.

“Arah serangan dari arah barat, dari atas ketinggian jarak sekitar 500-600 meter dari pos TNI, kondisi medan rimbun tertutup pohon-pohonan. Anggota TNI yang ada di pos berusaha membalas tembakan sehingga terjadi kontak tembak,” ujarnya melalui pesan singkat, Selasa (11/12).

Separuh kekuatan dipimpin Lettu Infanteri Ardan berusaha mengejar dan membalas serangan dari KKSB. Sisanya mengamankan pos dan meningkatkan tembakan.

“KKSB melarikan diri secara terpencar masuk hutan sesekali melancarkan serangan. Namun pasukan tetap melakukan pengejaran dengan memanfaatkan jejak KKSB yang ditemukan,” tutur Aidi.

Akibat serangan tersebut dilaporkan dua prajurit mengalami luka tembak. Korban yakni Pratu Budi yang mendapat luka tembak di bahu dan Praka Aswad luka ringan di pelipis karena recosed munisi.

“Saat ini sedang dilaksanakan proses evakuasi korban melalui jalur darat dari Yigi ke Mbua selanjutnya nanti akan dievakuasi melalui jalur udara menggunakan helikopter dari Mbua ke Wamena,” jelas Aidi.

Sementara itu, belum diketahui dari pihak KKSB apakah ada jatuh korban atau tidak. Sebab jarak tembakan cukup jauh dengan kondisi medan ekstrim dan tertutup.

Kondisi geografis yang sangat ekstrim dan penguasaan medan juga menjadi kesulitan. Berbeda dengan KKSB yang sudah sekian lama hidup di medan tersebut, mereka dapat menyusuri hutan tampa sarana kompas dan peta atau alat bantu lainnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (dna/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Pos TNI di Yigi Diserang KKB, Dua Anggota Terluka