alexametrics

Kejar KKB, Tim Gabungan Hadapi Cuaca Ekstrem

11 Desember 2018, 06:19:18 WIB

JawaPos.com – Tim gabungan TNI-Polri mengalami kesulitan saat mengejar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Medan yang sulit dan cuaca ekstrem menjadi faktor utama kendala dalam melakukan pengejaran. 

“Hambatan paling utama kondisi geografis dan cuaca. Hampir setiap menit berubah. Itu akan menyulitkan,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Senin (10/12).

Untuk menuju lokasi saja, harus ditempuh dengan berjalan kaki karena memang kondisi geografis yang terdiri atas bukit dan hutan. Tak hanya itu, menurutnya, komunikasi pun sering tersendat. 

“Jalur komunikasi di sana banyak blank spot area, nggak bisa komunikasi menggunakan handphone, dengan menggunakan HT saja sangat terbatas jangkauannya,” tutur Dedi.

Namun, aparat gabungan TNI-Polri terus bergerak melakukan pengejaran dan membatasi ruang gerak KKB yang melakukan serangan di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, beberapa waktu lalu. Diprediksi jumlahnya mencapai puluhan orang dengan memegang beberapa pucuk senjata pabrikan maupun senjata rakitan.

“Ya terus didesak oleh aparat TNI dan aparat Polri gabungan proses pertama adalah penegakan hukum,” sebut mantan wakapolda Kalimantan Tengah itu. 

Diketahui, mereka melancarkan aksi serangan untuk menunjukkan bahwa KKB masih ada. “Mereka ingin menunjukkan meraka masih eksis,” imbuhnya.

Kondisi terakhir di Nduga, kata Dedi, tim gabungan berhasil mengevakuasi satu jenazah dan tiga warga lokal. “Tiga-tiganya menuju rumah sakit,” pungkasnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (dna/ce1/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Kejar KKB, Tim Gabungan Hadapi Cuaca Ekstrem