alexametrics

Ahok Segera Bebas, Ruhut: Dia Ingin Kasih Contoh buat yang Kabur-kabur

11 Desember 2018, 11:12:37 WIB

JawaPos.com – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok diperkirakan akan keluar dari tahanan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok pada 24 Januari 2019 mendatang. Hal tersebut diungkapkan orang dekat Ahok, Ruhut Sitompul.

Ruhut mengatakan, Ahok sudah memenuhi seluruh hukumannya terkait pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Ahok enggak usah remisi pun tanggal 20-an dia udah merdeka kok. Karena dia ingin menjalani hukumannya sesuai atau full, jadi Januari bebas,” kata Ruhut saat ditemui di Putri Duyung Cottage, Ancol, Jakarta Utara, Senin (10/12) malam.

“Dia (Ahok) mau keluar, remisinya kan udah banyak. Seperti 17 Agustus,” tambahnya.

Anggota Tim Kemenangan Nasional (TKN Joko Widodo-Ma’ruf Amin ini menyebut, Ahok ingin menunjukkan sikap negarawannya. Karena remisi yang sebelumnya didapat tidak pernah diambil.

“Mau kasih contoh yang kabur-kabur aja,” jelasnya.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM menyebut Ahok akan bebas pada 24 Januari 2019 mendatang. Ahok mendapat remisi tiga bulan 15 hari. Sementara masa penahanannya dimulai 9 Mei 2017 lalu.

“Total remisi yang didapat tiga bulan 15 hari, maka diperkirkan akan bebas pada Januari 2019,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jendera Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Ade Kusmanto kepada JawaPos.com, Senin (10/12).

Ade menuturkan, pertimbangan remisi diberikan karena Ahok berkelakuan baik selama menjalani masa tahanan. Serta mantan istri Veronica Tan itu tidak sedang menjalani hukuman disiplin.

“Pengurangan masa pidana yang akan diusulkan kepada Ahok bisa diberikan jika sampai waktu yang telah ditetapkan konsisten dan mentaati segala peraturan selama masa pidananya,” tukas Ade.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (rdw/JPC)


Close Ads
Ahok Segera Bebas, Ruhut: Dia Ingin Kasih Contoh buat yang Kabur-kabur