Menteri PANRB Pecat PNS yang Lakukan Pungli

11/10/2016, 20:37 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Menteri PANRB Asman Abnur (fraksipan.com)
Share this image

JawaPos.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menegaskan, tidak akan segan-segan menjatuhkan sanksi kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang melakukan pungutan liar (pungli). Lebih khususnya dalam konteks pelayanan publik.

Pernyataan tersebut disampaikannya, usai mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Selasa (11/10) sore.

Sebelumnya, imbuh dia, Jokowi telah menginstruksikan kepada Kapolri dan Kementerian PANRB untuk melakukan pemberantasan pungli di seluruh lembaga pemerintahan. Bahkan, mantan gubernur DKI Jakarta itu memerintahkan untuk langsung memecat PNS yang terbukti melakukan pungli.

“Hal itu perlu dilakukan agar ada efek jera,” tegas Asman melalui keterangan tertulis.

Terkait OTT yang dilakukan polisi di Kemenhub, pihaknya akan menunggu tindak lanjut pengusutan yang tengah di lakukan oleh para penegak hukum.

Diakui Asman, meskipun pihaknya terus berupaya mendorong perbaikan kualitas pelayanan publik di berbagai instansi pemerintah, namun masih ada saja oknum-oknum PNS yang melakukan pungli.

"Kejadian di Kemenhub, yang bahkan mendapat perhatian khusus dari Presiden Jokowi, harus dijadikan momentum untuk memberantas pungli utamanya dalam pelayanan publik," tutupnya. (uya/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi