alexametrics

KPK Optimistis Juliari Divonis Bersalah dalam Kasus Bansos Covid-19

11 Agustus 2021, 10:15:37 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merasa optimistis tuntutan hukum 11 tahun penjara yang dibacakan jaksa penuntut umum (JPU) terhadap terdakwa mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara. KPK meyakini, Juliari Peter Batubara bersalah dalam kasus dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) penanganan Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek.

Pernyataan ini merespons nota pembelaan atau pledoi Juliri Batubara, yang meminta majelis hakim membebaskannya dari segala dakwaan.

“KPK optimis dengan apa yang sudah diuraikan dalam surat tuntutan akan terbukti dan majelis hakim akan mengabulkan amar tuntutan Jaksa Penuntut Umum,” kata pelaksana tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (11/8).

Juru bicara KPK berlatar belakang Jaksa ini menegaskan, tuntutan terhadap Juliari sesuai dengan fakta-fakta persidangan. Sehingga diyakini, Juliari Batubara diduga menerima suap dalam pengadaan paket bansos sembako penanganan Covid-19.

“Kami meyakini majelis hakim dalam pertimbangannya akan mengambil alih fakta hukum dimaksud,” ucap Ali.

Dalam sidang pembacaan nota pembelaan pada Senin (9/8) di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Juliari Peter Batubara meminta majelis hakim bisa membebaskan dirinya, dari segala dakwaan Jaksa KPK. Juliari menyebut, nasibnya yang terjerat dalam perkara dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) penanganan Covid-19, kini bergantung pada majelis hakim.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads