alexametrics

Kata Kapolda Kaltara Soal Aliran Dana Briptu HS Mengalir ke Jenderal

11 Mei 2022, 16:35:06 WIB

JawaPos.com – Beredar isu bahwa sosok penerima uang Briptu Hasbudi merupakan jenderal polisi. Hal ini langsung mendapat respons dari Kapolda Kaltara Irjen Daniel Aditjaya.

Penyidik Polda Kalimantan Utara (Kaltara) masih menelusuri aliran dana dari Briptu Hasbudi yang disebut mengalir ke sejumlah pihak. Namun, sampai saat ini belum diketahui pasti siapa yang menerima duit haram Briptu Hasbudi.

Kapolda Kaltara Irjen Daniel Aditjaya langsung merespons isu tersebut. Dia menyebut anak buahnya masih bekerja mencari tahu siapa penerima duit dari Briptu Hasbudi.

“Mengenai itu, tergantung dari pengembangan dan hasil penyelidikan. Saat ini yang masih kami lakukan, yakni penyelidikan tindakan awal,” ujar seperti dikutip PojokSatu (Jawa Pos Group), Rabu (11/5)

Dirreskrimsus Polda Kaltara AKBP Hendy F Kurniawan menambahkan saat ini pihaknya masih melakukan pendalaman. Perwira menengah Polri ini memastikan siapa saja yang terlibat dalam kasus tersebut akan ditindak, sekalipun sosok itu adalah seorang jenderal.

“Ketika disebut seseorang (penerima uang) itu jenderal, kami harus lakukan langkah verifikasi terlebih dahulu. Kami tidak bisa asumsi begitu saja, karena harus melalui serangkaian proses dan pemeriksaan rekening,” kata dia.

Mantan Kapolres Karawang ini mengatakan timnya masih mendalami dugaan tersebut. Dia menyebut apabila benar seorang pejabat sudah menerima duit dari Briptu Hasbudi, pasti bakal diproses hukum.

“Kalau emang terbukti dan berkaitan tentang kewenangan seorang pejabat, memuluskan kepentingan tersangka, maka tentu akan muncul pidana baru, seperti korupsi dan gratifikasi,” tegasnya.

Untuk bisa mengungkap dugaan aliran dana Briptu Hasbudi ke seorang jenderal, penyidik Polda Kaltara masih mendalami sejumlah rekening bank.

“Kami percaya kejahatan akan meninggalkan jejak. Aliran dana saat ini masih kami proses, perlu pendalaman dan akan kami lihat ke depan seperti apa prosesnya,” ucapnya.

Editor : Bintang Pradewo

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads