JawaPos Radar

Pindah ke Nusakambangan, Napiter Ditempatkan 'One Man One Cell'

11/05/2018, 17:30 WIB | Editor: Estu Suryowati
Pindah ke Nusakambangan, Napiter Ditempatkan 'One Man One Cell'
Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Kementerian Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami saat memberikan pidato kunci dalam sebuah seminar di Jakarta. (Ridwan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Akibat terjadinya kerusuhan di rumah tahanan (rutan) cabang Salemba, Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, sebanyak 145 terpidana terorisme telah dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Pemindahan itu telah dilakukan pada Kamis (10/5) kemarin, atas kerja sama Mako Brimob, Densus 88, BNPT, Polri, TNI dan Ditjen PAS, serta Kantor Wilayah Jawa Tengah.

"145 narapidana terorisme dipindahkan ke tiga lapas di Nusakambangan, yaitu Lapas Batu, Lapas Pasir Putih dan Lapas Besi," kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Kementerian Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami dalam keterangan tertulis, Jumat (11/5).

Menurut Sri, para terpidana terorisme tersebut ditempatkan perorangan dalam satu sel alias 'one man one cell'. Itu untuk mengantisipasi terjadinya kericuhan seperti di Mako Brimob.

"Mereka akan ditempatkan di hunian kamar one man one cell, dengan pengamanan maksimal. Sistem perlakuan, pembinaan dan pengamanan akan diterapkan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku," tutur Sri.

Sri memastikan, Lapas Nusakambangan memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung 145 terpidana terorisme. Sehingga tidak ada kekhawatiran adanya kelebihan kapasitas untuk menahan napi terorisme.

"Kapasitas yang memadai dan petugas pemasyarakatan yang telah dilatih dan diuji untuk kebutuhan mengamankan dan membina narapidana terorisme," papar Sri.

Lebih lanjut Sri menuturkan, meminta dukungan dan doa agar tidak kembali terjadinya kericuhan oleh para terpidana terorisme. "Mohon doanya agar pelaksanaan pemindahan dan penempatan hingga nanti pelaksanaan pengamanan dan pembinaan mereka selama di Nusakambangan berjalan lancar," pungkasnya.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up