alexametrics

Terduga Teroris Hendak Ditangkap, Malah Tabrak Anggota Densus 88

11 Maret 2022, 15:26:35 WIB

JawaPos.com – Personel Densus 88 Antiteror (AT) nyaris celaka saat hendak membekuk terduga teroris di Sukoharjo Rabu (9/3) malam. Pelaku berinisial SU yang merupakan penasihat amir Jamaah Islamiyah itu berusaha menabrak petugas dengan mobilnya.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menuturkan, saat hendak ditangkap, SU malah melawan secara agresif. Dia menancap gas mobilnya untuk menabrak petugas. ”Petugas berhasil menghindar dengan meloncat naik ke bak kabin mobil tersangka,” terangnya. Saat itu petugas memberikan peringatan agar SU berhenti melawan. Namun, SU justru mengemudikan mobilnya dengan zig-zag. ”Dia ingin menjatuhkan petugas,” ujarnya.

SU bahkan menabrak warga yang kebetulan melintas. Karena kondisi yang mengancam petugas dan masyarakat, anggota Densus akhirnya menembak SU. ”Pelaku bisa dilumpuhkan,” paparnya. Peluru petugas mengenai punggung dan pinggul bawah SU.

Dia menyatakan, petugas berupaya membawa terduga teroris tersebut ke RS Bhayangkara Polresta Surakarta. ”Namun, pelaku meninggal saat dievakuasi,” jelasnya.

Dua anggota Densus 88 AT mengalami luka-luka dalam penangkapan tersebut. Saat ini keduanya dirawat di Klinik RS Bhayangkara. Dia mengatakan, SU memiliki peran yang signifikan dalam kelompok teroris Jamaah Islamiyah. Dia pernah menjabat amir hikmat JI, lalu deputi dakwah dan informasi kelompok teroris tersebut. Bahkan, SU pernah menjadi penasihat amir JI. ”Juga menjadi penanggung jawab hilal amar society,” tuturnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : idr/c19/oni

Saksikan video menarik berikut ini: