alexametrics

Polri Tangkap Harry Kuncoro, Teroris yang Kenal Dekat Algojo ISIS

11 Februari 2019, 13:50:33 WIB

JawaPos.com – Satu terduga teroris berhasil ditangkap Mabes Polri di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Banten, awal Januari lalu. Dia disebut-sebut memiliki komunikasi cukup intens dengan ‘algojo’ ISIS.

Adapun Harry Kuncoro (HK) alias Wahyu Nugroho alias Uceng yang kabarnya memiliki lebih dari satu nama. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, HK ditangkap ketika hendak bertolak ke Suriah melalui Iran.

Diketahui dia memiliki rekam jejak panjang dalam kasus teror di Indonesia. Dia sempat tiga kali keluar masuk penjara karena terlibat dengan kelompok Jamaah Islamiyah (Jamaah Islamiyah) pimpinan Nurdin M Top dan Dr. Azhari.

Dia pernah melakukan aksi teror di beberapa wilayah. “Antara lain di Bali, NTB, dan serangan di Juli 2018. Terorisme di Jogja juga ikut aktif,” ungkap Dedi di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (11/2).

Setelah dikeluarkan HK adalah aktor penting di Indonesia saat ini karena memiliki hubungan langsung dengan ISIS. Dia juga pernah bergabung dengan Kelompok Taliban.

“Contact person handphonenya ada atas nama Abu Wahid, di organisasi ISIS di Suriah dia sangat aktif sebagai algojo,” ujarnya.

Kata Dedi, Abu Wahid sendiri sudah tewas baru-baru ini. Yakni pada 29 Januari 2019. Namun dari hasil komunikasi intens dengan Abu Wahid, HK disarankan untuk segera bergabung ke Suriah. “Dengan mentransfer duit 30 juta untuk dokumen keberangkatan termasuk tiket,” beber Dedi.

Selain dengan Abu Wahid, HK katanya juga intens berkomunikasi dengan kelompok-kelompok yang ada di Suriah. “Tersangka setelah dapat uang, dia bisa memberikan uang ke slepping sel di Indonesia untuk lakukan aksi teror di Indonesia ungkap mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu,” sebut Dedi.

Saat ini, HK sudah diamankan Densus 88 Antiteror. “Masih terus dilakukan pendalaman lebih lanjut untuk mengungkap jaringan teroris di Indonesia dan luar negeri khususnya di Suriah,” beber dia. 

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Desyinta Nuraini

Copy Editor :

Polri Tangkap Harry Kuncoro, Teroris yang Kenal Dekat Algojo ISIS