JawaPos Radar | Iklan Jitu

KPK Berharap Kasus Penganiayaan Terhadap Pegawainya Segera Terungkap

11 Februari 2019, 22:00:59 WIB
KPK Berharap Kasus Penganiayaan Terhadap Pegawainya Segera Terungkap
Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah berharap kasus penganiayaan terhadap dua pegawai KPK di Hotel Borobudur segera terungkap. (Intan Piliang/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kasus penganiayaan terhadap dua pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Hotel Borobudur, masih diusut Kepolisian. Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, penyidik Ditkrimum Polda Metro Jaya telah memeriksa pegawai KPK yang menjadi korban, di rumah sakit, pada Minggu (10/2).

"Semoga dalam waktu, tidak terlalu lama, bisa ditemukan tersangkanya," katanya kepada awak media, Senin (11/2).

Febri berharap, para saksi yang dimintai keterangan dalam kasus ini tidak mengalihkan isu dugaan penganiayaan dengan isu nonhukum. Febri menegaskan, prosedur yang dilakukan penyidik Polda Metro Jaya sudah sesuai aturan dalam KUHAP.

"Kami harap pihak-pihak yang dipanggil tidak perlu mengalihkan isu pada isu nonhukum, karena apa yang dilakukan penyidik Polda adalah respons sesuai KUHAP setelah ada laporan dan ditemukan bukti-bukti awal," jelasnya.

Febri menambahkan, apabila saksi mempunyai bukti-bukti yang ingin diajukan ke penyidik Polda, maka pihaknya mempersilakan. Yang pasti, katanya, dugaan penganiayaan ini merujuk pada bukti medis.

"Kami imbau agar pelaku pemukulan atau setidaknya yang merampas atau meminta tas dan barang-barang korban secara paksa agar mengakui perbuatannya. Hal tersebut akan lebih baik bagi proses hukum," jelasnya.

Sementara itu, Polda Metro Jaya menyatakan terus mendalami kasus penganiayaan terhadap dua penyelidik KPK di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Sampai saat ini, Polisi sudah memeriksa 10 saksi yang mengetahui insiden penganiayaan pegawai KPK.

"Berkaitan dengan kasus penganiayaan yang dilakukan oleh seseorang terhadap pegawai KPK, intinya bahwa kepolisian, penyidik, saat ini sudah memeriksa 10 saksi," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (11/2).

Argo pun menegaskan Polda bekerja secara profesional. Kasus ini telah masuk ke tahap penyidikan, namun belum ada tersangka yang ditetapkan.

Sebelumnya, dua pegawai KPK diduga menjadi korban penganiayaan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Minggu (3/2) dini hari. Penganiayaan itu terjadi saat keduanya sedang melakukan tugas cross check atas informasi masyarakat terkait indikasi korupsi.

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : Intan Piliang

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up