alexametrics

Terbukti Aniaya Anthony Hillenaar, Kriss Hatta Divonis 5 Bulan Penjara

10 Desember 2019, 23:50:29 WIB

JawaPos.com – Kasus penganiayaan yang dilakukan Kriss Hatta terhadap Anthony Hillenaar di sebuah klub malam beberapa bulan lalu kini sudah menemui titik terang. Dalam sidang putusan yang digelar di PN Jakarta Selatan, Selasa (10/12), Kriss Hatta dinyatakan bersalah karena terbukti melakukan penganiayaan. Kriss pun dijatuhi hukuman lima bulan penjara oleh hakim.

Vonis tersebut lebih ringan jika dibandingkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang meminta Kriss Hatta dijatuhi hukuman 10 bulan penjara. “Menyatakan terdakwa Krisdian Topo Khuhatta alias Kriss Hatta terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penganiayaan,” kata Suswanti selaku hakim ketua saat membacakan amar putusan di PN Jakakarta Selatan, Selasa (10/12).

Sebelum membacakan putusan, hakim terlebih dahulu membacakan pertimbangan hal yang memberatkan sekaligus yang meringankan terdakwa Kriss Hatta. Yang meringankan, Kriss dinilai hakim berkelakuan baik, sopan, dan telah memberikan kompensasi ganti rugi pada Anthony. Sedangkan yang memberatkan, hakim menyatakan tidak ada.

Hakim dalam amar putusannya menolak pembelaan Kriss Hatta yang mengaku terpaksa melakukan perbuatan tidak terpuji demi melindungi kekasihnya, Rahelly Alia. Menurut hakim, alasan tersebut tidak bisa diterima secara hukum.

“Pembelaan terdakwa tersebut tidak beralasan menurut hukum,” tuturnya.

Menanggapi putusan majelis hakim, Denny Lubis selaku kuasa hukum Kriss Hatta mengatakan vonis lima bulan masih terlalu berat bagi kliennya. Pihaknya masih akan berkoordinasi apakah akan melakukan banding atau menerima vonis tersebut.

Namun, andai saja pihak Kriss Hatta menerimanya, dia akan dinyatakan bebas sekitar 10 hari lagi. Karena Kriss Hatta sudah menjalani hukuman sekitar 4 bulan 20 hari.

Kriss Hatta melakukan aksi pemukulan terhadap Anthony di sebuah kelab malam di bilangan Jakarta Selatan pada 7 April 2019 lalu. Kala itu emosi Kriss naik lantaran pundak kekasihnya dipegang oleh teman Anthony dan meminta untuk kenalan. Akibat pemukulan tersebut, hidung Anthony mengalami pendarahan yang dibuktikan dengan hasil visum.

Kasus ini kemudian dilaporkan ke Polda Metro Jaya dan berujung pada penahanan Kriss Hatta. Mantan suami Hilda Vitria itupun mendekam di dalam tahanan sejak Juli 2019 lalu.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Abdul Rahman


Close Ads