alexametrics

Berkas Kasus Eks Petinggi Lippo Dilimpahkan, KPK Periksa 38 Saksi

10 Desember 2018, 19:51:35 WIB

JawaPos.com –  Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas penyidikan dan barang bukti terhadap tersangka mantan petinggi Lippo Group, Eddy Sindoro (ESI). Pelimpahan berkaitan dengan kasus pemberian hadiah atau janji terkait pengajuan Peninjauan Kembali (PK) pada PN Jakarta Pusat.

“Penyidikan ESI telah selesai. Hari ini (10/12) dilakukan pelimpahan berkas, barang bukti dan tersangka ESI atau tahap dua,” ucap juru bicara KPK Febri Diansyah pada awak media, Senin (10/12).

Lebih lanjut, mantan aktivis ICW ini menuturkan sidang Eddy rencananya akan digelar di PN Tipikor Jakarta. Namun, dia belum merinci kapan waktu sidang akan berlangsung.

“Jaksa Penuntut Umum perlu menyusun dakwaan terlebih dahulu untuk diserahkan ke pengadilan,” jelas Febri.

Adapun hingga berkas ini dilimpahkan atau masuk tahap dua, lanjut Febri, KPK sudah memeriksa 38 saksi.

“Mereka berasal dari berbagai macam unsur saksi,” tambahnya.

“Saksi berasal dari Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia, PNS Mahkamah Agung Republik Indonesia, Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Direktur PT. Metropolitan Tirta Perdana (PT. MTP), Sekretaris Paramount Land, Advokat Cakra & Co Acvocate & Legal Consultant, dan Swasta lainnya,” jelasnya.

Sekadar informasi, Eddy Sindoro ditetapkan sebagai tersangka pada 21 November 2016. ESI diduga telah memberi hadiah atau janji kepada pegawal negeri atau penyelenggara negara, terkait dengan pengurusan perkara di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (ipp/JPC)

Berkas Kasus Eks Petinggi Lippo Dilimpahkan, KPK Periksa 38 Saksi