alexametrics

Ajak Bermain Anak-Anak Wamena supaya Berani Sekolah Lagi

10 Oktober 2019, 14:46:31 WIB

JawaPos.com – Kembali ke sekolah menjadi salah satu alasan terbesar yang mendorong pengungsi kembali dari Jayapura ke Wamena, Jayawijaya, Papua. Pesawat Hercules C-130 TNI-AU mengangkut 87 orang pengungsi mendarat di Bandara Wamena kemarin (9/10).

Di antara mereka ada nama Naomi Palangan. Perempuan asal Tana Toraja, Sulawesi Selatan, tersebut merupakan pengungsi yang sudah seminggu berada di Jayapura.

Naomi menyatakan mendapat informasi bahwa kondisi di Wamena saat ini jauh lebih baik. ”Katanya aman sekarang,” ungkapnya kemarin. Dia juga dihubungi keluarganya yang masih di Wamena. Mereka meminta Naomi kembali ke ibu kota Jayawijaya itu. ”Anak-anak sudah harus sekolah lagi,” imbuhnya.

Pendatang yang sudah lima tahun tinggal di Wamena tersebut mengakui, dirinya takut lantaran kerusuhan 23 September lalu memakan banyak korban. Untuk itu, minggu lalu dia rela berlama-lama antre agar bisa meninggalkan Wamena.

”Sekarang kembali lagi. Ada suami juga di sini,” ujarnya menyebutkan bahwa suaminya memang tidak ikut mengungsi pasca kerusuhan.

Sementara itu, aktivitas masyarakat di Wamena terus bergeliat. Mama-mama mulai keluar ke tempat umum. Mereka kembali berjualan di sejumlah pusat keramaian. Termasuk di antaranya pasar. Di sekolah, aktivitas belajar-mengajar memang belum aktif. Namun, siswa yang masuk bertambah.

Kegiatan di sekolah diisi dengan bermain di lapangan. Mereka didampingi para relawan dari Sahabat Sesama dan Polda Papua. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari trauma healing sehingga mereka semakin berani datang ke sekolah.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : syn/han/c9/ayi



Close Ads