JawaPos Radar

Tak Bisa Tuntaskan Soal Penjahat Jalanan

Wakapolri Ancam Copot Jabatan Pejabat Polri

10/07/2018, 15:36 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Wakapolri Ancam Copot Jabatan Pejabat Polri
Wakapolri Komjen Syafruddin. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Penyelesaian kasus kejahatan jalanan menurut Wakapolri Komjen Pol Syafruddin terbilang mudah. Karena itu, seluruh jajaran Polri diminta untuk menggelar operasi guna menumpas tuntas para pelakunya.

"Mau apa? Mau di ujung dunia, Jakarta. Mana? Papua, semua, seluruh Indonesia (Polda hingga Polres) harus bergerak," ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa (10/7).

Kepolisian wilayah diberikan waktu satu bulan untuk menuntaskan kejahatan ini. "Begal, street crime itu sama saja kayak miras oplosan, itu harus selesai, gampang menyelesaikannya, nggak sulit seperti teroris," imbuhnya.

Wakapolri Ancam Copot Jabatan Pejabat Polri
Para pelaku kejahatan jalanan diringkus Polda Metro Jaya. (Desyinta Nuraini/ JawaPos.com)

Jika tak mampu terungkap para pelakunya, Syafruddin kembali menegaskan bahwa ada evaluasi bagi pemimpin Kepolisian di wilayah tersebut.

"Saya sudah empat kali menyatakan, saya tidak pernah meleset ya. Satu bulan tidak selesai, kita ganti. Gampang, gampang," tegasnya.

Apalagi, menurutnya, tidak ada perubahan pola para penjahat jalanan dalam melakukan aksinya. Yakni dengan cara melumpuhkan korban, mengambil barangnya, hingga menggunakan cara kekerasan.

"Sama, tidak ada pola. Yang sulit itu terorisme. Yang begal itu gampang, tergantung intensitas operasi suatu wilayah. Oleh karena itu, tergantung komandan di wilayah itu, kita kasih tekanan target harus selesai," pungkas Syafruddin.

(dna/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up