Ditjen PAS Pastikan Kapasitas Nusakambangan Cukup Tampung Napiter Mako

10 Mei 2018, 16:00:59 WIB
Direktur Jenderal Pemasyarakatan ( Dirjen PAS ) Sri Puguh Budi Utami memastikan Lapas Nusakambangan cukup menampung napiter pindahan Rutan Mako Brimo. (Ridwan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kabag Humas Ditjen PAS, Ade Kusmanto mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan Lapas Nusakambangan, untuk menerima narapidana kasus terorisme yang dipindahkan dari Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Pemindahan narapidana ini buntut kerusuhan yang pecah Selasa (8/5) malam.

"Benar saat ini sedang (berlangsung) proses (pemindahan).Nanti sampai di tempat dikabari," katanya saat dikonfirmasi JawaPos.com, Kamis (10/5).

Selain itu, Direktur Jenderal Pemasyarakatan ( Dirjen PAS ) Sri Puguh Budi Utami mengaku, tidak ada permalasahan dengan Lapas Nusakambangan jika ditambah narapidana kasus terorisme dari Rutan Mako Brimob sebanyak 156 orang.

"Soal tempat mudah-mudahan tidak ada masalah. Mohon doanya semoga kami bisa menjalankan tugas dengan baik dan benar. Sehingga Republik ini bisa dalam kondisi aman. Di bawah arahan para pimpinan kita," katanya.

Sebelumnya, operasi penanganan narapidana teroris (napiter) yang sempat melakukan penyanderaan di Mako Brimob, Kepala Dua, dinyatakan selesai. Sebanyak 156 napiter dinyatakan sudah menyerahkan diri.

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin menyebut, saat ini situasi di Rutan Mako Brimob telah kondusif. "Alhamdulilah kami dapat menanggulangi ini. Dan ini operasi sudah berakhir pada pukul 7.15 WIB," ungkap Syafruddin di Mako Brimob, Kelapa Dua, Kamis (10/5).

Jika dihitung operasi pembebasan itu berlangsung selama 36 jam. Sebelumnya sebanyak 156 napi teroris sempat melakukan penyanderaan dan pembunuhan terhadap personel Densus 88 Polri.

Akan tetapi penyanderaan itu dapat diatasi setelah aparat kepolisian dengan kekuatannya melakukan perlawanan dan memberikan ultimatum.

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : (ipp/JPC)

Alur Cerita Berita

Keluarga Beny Syamsu Gelar Pengajian 10 Mei 2018, 16:00:59 WIB
Wakapolri Minta Maaf ke Keluarga Korban 10 Mei 2018, 16:00:59 WIB
Mako Brimob Rusuh, Bagaimana Kondisi Ahok? 10 Mei 2018, 16:00:59 WIB
IPW Minta Kapolri Periksa Dankor Brimob 10 Mei 2018, 16:00:59 WIB

Berita Terkait

Rekomendasi