JawaPos Radar

Dengan Cara Ini, Kerusuhan Mako Brimob Tak Terulang di Nusakambangan

10/05/2018, 15:30 WIB | Editor: Estu Suryowati
Dengan Cara Ini, Kerusuhan Mako Brimob Tak Terulang di Nusakambangan
Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sri Puguh Utami. (Ridwan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Sebanyak 156 narapidana terorisme yang terlibat bentrok dengan aparat kepolisian di Rutan Mako Brimob, pada Selasa (8/5) malam telah dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sri Puguh Utami mengatakan, para narapidana terorisme tersebut tidak akan ditempatkan secara bersama-sama, melainkan satu sel hanya ditempati satu orang.

"Mudah-mudahan dengan ditempatkan mereka di satu sel satu orang tidak ada kejadian lagi," ujar Sri Puguh saat melakukan wawancara dengan salah satu televisi swasta, Kamis (10/5).

Sri Puguh mengatakan, Lapas Nusakambangan tidak akan mengalami kelebihan kapasitas meskipun ditambah 156 terpidana kasus terorisme tersebut. Pasalnya sudah disiapkan dua lapas bagi para narapidana terorisme itu.

"‎Ada dua lapas yang kami siapkan, jumlahnya dibagi dua. Itu cukup (menampung). Memang sudah kami siapkan. Begitu ada kabar pengiriman dari Mako Brimob petugas kami siapkan untuk menerima mereka," katanya.

Sementara untuk masalah keamanan agar kejadian itu tidak terulang lagi, pihaknya telah bekerja sama dengan Polri dan juga Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Mereka bersama dengan para sipir akan menjaga lapas khusus tersebut. ‎"Intinya kami tidak bekerja sendiri. Kami ada dukungan dari Polri, ada dukungan dari BNPT, ada Densus 88 dan dari kami sendiri dan sama -sama akan mengamankan lingkungan Lapas Nusakambangan," ungkapnya.

Namun demikian, satu narapidana satu sel itu tidak bersifat permanen. Apabila mereka telah bertobat, maka akan digabung dengan para narapidana lainnya, sembari terus diberikan pembinaan.

"‎Nanti kami lihat apakah ada perubahan kelakuan mereka. Jadi nanti ditempatkan di tempat yang lebih medium," pungkasnya.

(gwn/JPC)

Alur Cerita Berita

Keluarga Beny Syamsu Gelar Pengajian 10/05/2018, 15:30 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up