alexametrics

1 Jenazah Korban KKB Kembali Ditemukan, Diduga Karyawan

9 Desember 2018, 15:21:41 WIB

JawaPos.com – Prajurit TNI kembali menemukan satu jenazah korban kekejaman kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di Distrik Yigi, Nduga Papua. Penemuan tersebut tak jauh dari lokasi pembantaian di Bukit Puncak Kabo.

“Tadi kurang lebih pukul 13.00 WIT kita kembali menemukan satu jenazah di sekitar TKP pembantaian kemarin. Jaraknya antara 500 sampai 1 kilo dari poros jalan di dalam hutan,” ujar Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Infanteri Muhammad Aidi saat dihubungi JawaPos.com, Minggu (9/12).

Dia menuturkan, ciri-ciri umum jenazah yakni berjenis kelamin laki-laki, berambut panjang, dan mengenakan celana panjang putih. Untuk identitas pastinya, belum bisa diketahui.

1 Jenazah Korban KKB Kembali Ditemukan, Diduga Karyawan
Evakuasi jenazah kekejaman KKB di Papua (Cendrawasih Post/ JawaPos.com)

Sebab, kondisi jenazah memburuk dan tim tidak punya waktu untuk melakukan identifikasi di lokasi mengingat KKB masih memantau lokasi itu.

“Kami belum bisa identifikasi karena kondisi jenazah sudah mulai membusuk, sudah mulai rusak dan tim yang menemukan itu cepat-cepat masukkan ke dalam kantung jenazah untuk diangkut ke poros jalan,” tutur Aidi.

Namun diduga, jenazah tersebut merupakan karyawan PT Istaka Karya yang sempat pura-pura mati saat KKB lakukan pembantaian. Sayangnya, dia tertangkap dan akhirnya dibunuh juga.

“Kalau sesuai informasi saksi, itu bagian dari karyawan. Karena letak yang ditemukan sesuai yang ditunjukkan walaupun hanya diberikan gambaran medan,” jelas dia.

Saat ini jenazah tersebut dalam proses evakuasi dari Distrik Yigi menuju Distrik Mbua melalui jalur darat. Setibanya di Mbua, jenazah akan diangkut menggunakan helikopter ke Wamena

“Kalau hari ini cuaca sudah tidak memungkinkan, mungkin nunggu besok,” kata Aidi.

Dengan ditemukan satu jenazah tersebut, diprediksi ada dua jenazah lagi yang belum ditemukan. “Berarti kurang dua orang lagi. Yang diduga masih hidup juga sampai sekarang belum diketahui nasibnya, mudahan panjang umur,” tukas Aidi. 

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (dna/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
1 Jenazah Korban KKB Kembali Ditemukan, Diduga Karyawan