alexametrics
Pasca Bentrok di Rutan Mako Brimob

LP Nusakambangan Siap Tampung Napi Teroris

9 Mei 2018, 17:16:47 WIB

JawaPos.com – Pasca kerusuhan yang terjadi Rumah Tahanan (Rutan) di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) siap menampung para napi teroris yang berada di lapas tersebut.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Dirjen Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami. Namun keputusan pemindahan para napi ini tergantung keputusan yang dibuat oleh Menteri Polhukam, Wiranto dan pejabat terkait.

“Tergantung keputusan beliau-beliau (Wiranto), di sisi kami sendiri, kami punya lapas untuk (teroris) itu,” ungkap Utami di Kantor Kemenko Polhukam Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (9/5).

Jika napi ini dipindahkan dari Mako Brimob, Utami berencana menempatkan tahanan ini di lapas Pasir Putih, Nusakambangan. Di rutan tersebut diperkirakan masih memungkinkan jumlah napi yang sekarang berada di Mako Brimob.

Lebih jauh Utami menuturkan bahwa hingga saat ini belum ada keputusan terkait hal ini. Ditjenpas masih menunggu keputusan yang akan dibuat oleh Menko Polhukam.

“Belum ada (keputusan). Intinya kami ada kesiapan untuk menerima mereka itu memang tugas kita. Tapi segalanya tentu ada banyak hal yang harus diselesaikan beliau-beliau,” imbuhnya.

Di sisi lain, Utami menerangkan bahwa rutan Mako Brimob merupakan cabang rutan Salemba. Meski demikian seluruh pengelolaan dan aset menjadi tanggungjawab Brimob. Petugas dari Ditjenpas juga tidak ada yang ditempatkan di sana.

“Iyah memang semua Mako Brimob (yang mengelola). Ini khusus Mako Brimob yang menangani,” pungkas Utami.

Editor : Kuswandi

Reporter : (sat/JPC)


Close Ads
LP Nusakambangan Siap Tampung Napi Teroris