alexametrics

3 Perempuan Penyebar Video Penganiayaan Ninoy Karundeng Dijerat UU ITE

8 Oktober 2019, 17:30:57 WIB

JawaPos.com – 13 tersangka penganiayaan pegiat media sosial sekaligus relawan Joko Widodo (Jokowi) Ninoy Karundeng telah dilakukan penahanan selama 20 hari ke depan. Ternyata, dari belasan tersangka itu ada tiga perempuan yang ikut berperan dalam kasus tersebut. Sebagian lebih tersangka saat ini harus merasakan dinginnya jeruji besi Rutan Mapolda Metro Jaya.

Para tersangka berinisial AA, ARS, YY, RF, Baros, S, SU, ABK, IA, R, Sekretaris Jenderal Persaudaraan Alumni (PA) 212 Bernard Abdul Jabbar, dan Ferry. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwoni menyebut tidak semua tersangka ditahan. Ada satu orang berinisial TR ditangguhkan penahanannya dengan alasan kondisi kesehatan. Sehingga tersangka tersebut harus mendapat perawatan medis.

“Polda Metro Jaya sudah menetapkan 13 tersangka, 12 tersangka dilakukan penahanan, dan satu tersangka tidak ditahan karena sakit,” kata Argo di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (8/10).

Dari total 12 orang yang ditahan, tiga diantaranya merupakan perempuan. Mereka diduga terlibat dalam menyebarkan video penganiayaan Ninoy. “Ada 3 orang yang kita kenakan juga Undang-undang ITE,” ucap Argo. Untuk para tersangka lainnya, dijerat Pasal 170 dan atau pasal 335 KUHP penganiayaan dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun dan 6 bulan.

Sebelumnya, Penyidik Polda Metro Jaya terus menambah tersangka penganiayaan terhadap relawan Joko Widodo (Jokowi), Ninoy Karundeng. Sampai dengan hari ini, total sudah 13 orang yang dinaikan status hukumnya. Mereka diduga terlibat dalam proses intimidasi yang dialami Ninoy.

“Ya betul total semua tersangka sudah 13,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Selasa (8/10).

Jumlah bertambah setelah adanya penetapan 2 tersangka baru. Yakni Sekjen PA 212 Bernard Abdul Jabbar dan pelaku berinsial F alias Fery. Sebelum mereka ditetapkan, total tersangka baru 11 orang.

Kasus ini bermula saat sebuah video pegiat media sosial, Ninoy Karundeng dengan wajah babak belur tersebar luas di media sosial. Dalam video itu, Ninoy diduga sedang diinterogasi oleh sejumlah pria pada sebuah ruangan. Dengan adanya video ini, aparat kepolisian langsung turun untuk mendalami kasus tersebut.

Pada video tersebut terdengar jelas percakapan Ninoy dengan seorang pria yang sedang menanyakan beberapa hal kepada Ninoy. Pria itu bertanya terkait kegiatan Ninoy yang diduga datang saat aksi unjuk rasa. “Jawab baik-baik ya, yang suruh kamu datang ke sini itu siapa? Kerasin suaranya,” tanya pria tersebut dikutip dari video yang beredar itu.

Editor : Bintang Pradewo



Close Ads