Krishna Murti Bicara Soal Karir Cepat di Polri, Sindir Ferdy Sambo?

8 Agustus 2022, 10:34:14 WIB

JawaPos.com – Mantan atasan Ferdy Sambo di Polda Metro Jaya, Brigjen Pol Krishna Murti diduga ikut menanggapi kasus yang diduga menyeret mantan anak buahnya itu.

Dalam unggahannya di media sosial, Krishna Murti seolah menyindir Ferdy Sambo yang saat ini terseret kasus pembunuhan Brigadir Joshua. Krishna Murti dalam pesan video yang dibagikannya melalui timeline Instagram pribadirnya dikutip PojokSatu.id (Jawa Pos Group), Minggu (7/8).

Awalnya, sosok polisi yang pernah viral itu memberikan nasihat kepada anggota Polri yang masih muda. “Pesan saya ke generasi muda Polri: Polri itu milik bangsa Indonesia. Bukan sebaliknya dan bukan juga bersebrangan,” pesan dia.

Entah menyindir Ferdy Sambo, Krishna Murti lantas menyinggung soal proses jabatan dan pangkat secara instan. Ferdy Sambo sendiri adalah sosok perwira yang terbilang sangat cepat dalam urusan karir, pangkat dan jabatan.

Dia tercatat sebagai perwira termuda di angkatannya yang mendapat dua bintang di pundak. Bahkan, semua senior-seniornya pun sudah dilibas dan disalip Ferdy Sambo yang rata-rata masih bintang satu.

Dalam ungkapannya itu, Krishna Murti menganalogikan jenjang karir dengan ‘naik gunung’. Bahwa dalam berkarir, semestinya merupakan usaha sendiri. Bukan ditarik dari atas.

“Kalau naik gunung itu, pijakan kakinya harus kuat. Jangan mengandalkan tarikan orang di atas. Kekuatan diri sendiri yang membawa kita ke atas,” ungkap Krishna Mukti.

Ia lantas menyampaikan pesan para seniornya di kepolisian yang didapatnya sejak muda dulu. “Bahwa: ‘kejar karirmu, jadilah pemimpin Polri di masa depan.’,” sambung dia.

Karena itu, Krishna Murti akhirnya memilih ‘tak ngoyo’ dalam urusan karir dan jabatan di kepolisian. Sebaliknya, dirinya memilih tetap mencintai profesinya sebagai polisi dengan berusaha memberikan yang terbaik kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.

“Karir tidak usah dikejar, makin dikejar makin lari. Lagipula, kamu bisa frustasi kalau tidak dapat mencapainya. Atau yang parah, kamu bisa menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya,” katanya.

Dengan tetap menjalani apa yang ada dan tak ‘serakah’ untuk urusan karir dan jabatan, justru membuat hidup lebih damai dan nyaman. Jika memiliki kapabelitas dan kompetensi, justru karir dan jabatan yang akan mencari dan membutuhkan. “Bukan kita yang butuh jabatan,” tandas Krishna Murti dalam unggahan itu.

Untuk diketahui, sebelum menjabat sebagai Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo pernah menjabat sebagai Wakil Dirreskrimum Polda Metro Jaya. Saat itu, Krishna Murti menjabat sebagai Dirreskrimum atau atasan Ferdy Sambo. Ketika itu, Ferdy Sambo masih berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi atau AKBP. Sedangkan Krishna Murti berpangkat Komisaris Besar atau Kombes.

Editor : Bintang Pradewo

Saksikan video menarik berikut ini: