alexametrics

Terkait OTT Bawang Putih, KPK Tangkap Politikus PDIP Nyoman Dhamantra

8 Agustus 2019, 17:34:57 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan bahwa anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDIP Nyoman Dhamantra telah dibawa ke Gedung KPK Jakarta. Kader parpol banteng moncong putih itu diduga terlibat terkait operasi tangkap tangan (OTT) mengenai importir bawang putih.

Nyoman saat ini tengah berada di ruang penyidik KPK di Kuningan, Jakarta untuk diperiksa secara intensif. Politikus PDI Perjuangan itu tiba di Gedung KPK sekitar pukul 14.14 WIB.

“Tadi sudah diamankan satu orang lagi dan telah berada di KPK untuk proses pemeriksaan lebih lanjut, dibawa tim dari Bandara Soekarno-Hatta,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Kamis (8/8).

Febri menyampaikan, hingga saat ini KPK telah mengamankan 12 orang dari operasi senyap yang mula dilakukan di wilayah Jakarta pada Rabu (7/8) malam. Sebab sebelumnya tim penindakan telah mengamankan 11 orang dari unsur swasta, pengusaha dan orang dekat anggota DPR RI.

“12 orang total yang kami amankan saat ini, tadi kami amankan satu lagi dari Bandara Soetta,” ucap Febri.

Dalam operasi senyap tersebut, KPK turut mengamankan sejumlah barang bukti transfer uang sebesar Rp 2 miliar. Bahkan KPK juga mengamankan sejumlah mata uang asing dollar Amerika Serikat. Namun, hingga kini KPK belum menjelaskan secara rinci berapa total nilai mata uang asing tersebut.

“Ada mata uang asing dari salah satu pihak, kami sampaikan lagi nanti jumlahnya berapa,” terang Febri.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menyampaikan, tim penindakan KPK telah pergi ke Provinsi Bali untuk meringkus seorang yang terlibat dalam operasi senyap dugaan kasus impor bawang putih. Dia menyebut, anggota Komisi VI DPR RI yang terlelibat tengah berada di Bali.

“Saya enggak tahu, detilnya saya enggak tahu. Cuma diperkirakan sedang ke Bali. ke Bali itu apakah kongres atau apakah itu saya enggak ngerti. Baru itu aja, hanya sebatas itu,” kata Alex ditemui di Gedung Lemhanas, Jakarta, Kamis (8/8).

Alex belum bisa menjelaskan secara rinci, tim penindakan meringkus anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan atau bukan. Dia belum bisa memastikan terkait legislator di Senayan yang tersangkut dalam praktik suap kasus importir bawang putih tersebut.

“Bisa saja dari Partai Golkar ke Bali piknik, yang jelaskan di Bali ada kongres PDIP, apakah ada kaitannya enggak disebutkan,” ucap Alex.

Sebab dalam operasi senyap, KPK hanya mengamankan orang dekat dari anggota DPR RI tersebut. “Siapa sih pelaku utamanya, kan enggak mungkin kita menetapkan tersangka hanya dari perantara,” pungkas Alex.

 

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Close Ads