alexametrics

Bela Firli Cs, Dewas KPK Tak Akan Anulir SP3 Sjamsul Nursalim

8 April 2021, 17:51:38 WIB

JawaPos.com – Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut tidak akan menganulir surat perintah penghentian penyidikan perkara (SP3), terhadap pemegang saham dan pengendali Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) Sjamsul Nursalim dan Itjih Nursalim. Hal ini dikatakan Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean.

“Hasil evaluasi kami nanti tidak akan menganulir SP3 itu,” kata di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (8/4), dikutip dari ANTARA.

Menurut Tumpak, pihaknya memang telah menerima laporan perihal penghentian perkara kasus dugaan korupsi SKL BLBI atas nama Sjamsul Nursalin dan istrinya, Itjih Nursalim. Kendati demikian, pihaknya belum melakukan pemeriksaan atas laporan tersebut.

“Saya belum bisa memberikan tanggapan tentang SP3. Kami akan pelajari terlebih dahulu,” kata Tumpak.

Untuk diketahui, pada tanggal 31 Maret 2021, KPK mengeluarkan SP3 pertama sejak lembaga penegak hukum itu berdiri. Adapun kasus yang dihentikan yakni, penyidikan dugaan korupsi terkait dengan pemenuhan kewajiban pemegang saham BDNI selaku obligor BLBI kepada Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) yang diduga merugikan kerugian negara hingga Rp4,58 triliun.

Kepastian hukum tersebut, menurut Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, perlu setelah Mahkamah Agung menolak peninjauan kembali (PK) KPK terhadap putusan kasasi mantan Kepala BPPN Syafruddin Arsyad Temenggung pada tanggal 16 Juli 2020.

Editor : Kuswandi

Reporter : Antara




Close Ads