alexametrics

Soal Formula E, Prasetyo: Ada Ijon ke Bank DKI Rp 180 M

8 Februari 2022, 17:52:02 WIB

JawaPos.com – Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi telah selesai menjalani pemeriksaan, terkait dugaan korupsi pada ajang balap mobil listrik alias Formula E yang akan digelar di DKI Jakarta. Dia menyebut, menjelaskan permasalahan anggaran pada event Formula E.

Politikus PDI Perjuangan ini berujar, event Formula E sudah lebih awal dianggarkan sebelum adanya peraturan daerah (Perda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dia tak memungkiri, adanya permasalahan mekanisme anggaran dalam rencana perhelatan Formula E.

“Menyampaikan hari ini seputaran permasalahan penganggaran dari pada Formula E. Jadi ada anggaran yang sebelum menjadi Perda APBD itu sudah di ijon kepada Bank DKI senilai Rp 180 miliar,” kata Prasetyo di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (8/2).

Dia mengklaim, tidak diberi informasi terkait adanya ijon dalam proses penganggaran Formula E. Sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo menyesalkan hal tersebut.

“Dalam perundang-undangan setelah menjadi Perda, APBD, baru itu bisa dilakukan. Ini kan nggak, tanpa konfirmasi kita, dia langsung berbuat sendiri. Karena saya juga tidak diberi tahu oleh pak Gubernur (Anies Baswedan),” klaim Prasetyo.

Legislator PDIP ini juga mengutarakan, adanya komitmen fee untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta. Komitmen fee itu dianggarkan, juga sebelum disahkannya Perda APBD.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: