alexametrics

Dalih Jaga Hubungan Baik, Bos Isargas Beri Eni Saragih Rp 250 Juta

8 Januari 2019, 14:35:24 WIB

JawaPos.com – Presiden Direktur PT Isargas, Iswan Ibrahim mengaku memberikan uang senilai Rp 250 juta kepada mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eni Saragih. Iswan berdalih, uang ratusan juta itu diberikan untuk menjaga hubungan baik.

Padahal, perusahaan yang ia miliki bergerak pada sektor energi. Namun dia mengklaim pemberian uang itu tidak berkaitan dengan perusahaan itu.

“Dua kali tahap pemberian, pada bulan Juni 2018 dan Juli 2018,” kata Iswan kepada jaksa KPK, saat bersaksi dalam persidangan kasus suap PLTU Riau-1 dengan terdakwa Eni Maulani Saragih di PN Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (8/1).

Kemudian jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempertanyakan, mengapa Iswan sangat mudah memberikan uang kepada Eni. “Apakah memang ada utang antara saksi dan terdakwa?” tanya jaksa.

Menjawab pertanyaan jaksa, Iswan berdalih pemberian uang semata hanya untuk menjaga hubungan baik dengan Eni Saragih. “Tujuannya karena hubungan baik, hubungan kami baik, otomatis memberikan,” ucapnya.

Bahkan, jaksa pun kembali mempertanyakan hal yang sama kepada Iswan. Namun Iswan mengaku tidak ada kaitan antara pemberian uang itu dengan kepentingan perusahaannya.

“Perusahaan saksi kan bergerak di bidang energi?” tanya kembali jaksa.

“Nggak ada, tujuan saya hubungan baik, teman, hubungan baik saya bantu,” jelas Iswan.

Dalam kasus ini, Eni Saragih didakwa menerima suap dari pemegang saham PT Blackgold Natural Resources Limited, Johanes Budisutrisno Kotjo sebesar Rp 4,75 miliar. Suap diduga diberikan agar Kotjo mendapatkan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang (PLTU MT) Riau-1.

Selain dakwaan suap, Eni juga didakwa menerima gratifikasi sebesar Rp 5,6 miliar dan SGD 40.000. Uang itu disebut berasal dari empat pengusaha yang bergerak di bidang energi dan migas yang berkaitan dengan mitra kerja dari Komisi VII DPR.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan


Close Ads
Dalih Jaga Hubungan Baik, Bos Isargas Beri Eni Saragih Rp 250 Juta