6 Anggota FPI Ditembak, DPR Desak Bentuk Tim Investigasi Independen

7 Desember 2020, 17:09:35 WIB

JawaPos.com – Anggota Komisi III DPR Habiburokman mengaku bakal mengusulkan kepada komisinya untuk memanggil Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dalam waktu dekat. Hal ini terkait penembakan terhadap enam anggota Front Pembela Islam (FPI).

“Jadi kami akan mengusulkan pemanggilan (memanggil Kapolri),” ujar Habiburokman kepada wartawan, Senin (7/12).

Selain itu menurut politikus Partai Gerindra tersebut, untuk membuat titik terang kasus penembakan itu, dirinya menyarankan untuk dibentuknya tim independen.
Hal itu karena pihak FPI dan kepolisian memiliki argumen yang berbeda terkait penembakan yang menewaskan enam orang tersebut.

“Kami meminta dibentuk tim investigasi khusus yang independen terkait kasus penembakan di Cikampek. Investigasi khusus ini harus melibatkan  Komnas HAM dan tidak ada intervensi dari pihak manapun,” katanya.

Agar tidak ada penghakiman kepada siapapun selama investigasi berjalan, baik kepada kepolisian maupun kepada Rizieq Shihab dan FPI untuk tidak melakukan hal-hal yang di luar hukum.

“Kita berharap proses hukum bisa berjalan dengan adil dan transparan,” ungkapnya.

Komisi III DPR juga berjanji akan mengawal kasus tersebut sampai ditemukan titik terang. Sehingga nantinya bisa mengetahui kronologi sesungguhnya mengenai kasus itu. “Insya Allah kami akan mengawal pengusutan kasus ini agar berjalan sesuai dengan koridor hukum yang berlaku,” pungkasnya.

Sebelumnya, anggota Polri diserang oleh sekelompok orang di Tol Jakarta-Cikampek tepatnya di KM 50 pada Senin (7/12) sekitar pukul 00.30 WIB dini hari. Penyerangan ini diduga dilakukan oleh pendukung Imam Besar FPI Rizieq Shihab.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyampaikan, diduga penyerangan terhadap anggota Polri itu dilakukan oleh laskar khusus. Penyerangan ini dilakukan saat anggota Polri mengikuti sekelompok orang yang hendak mengawal kedatangan Rizieq Shihab ke Polda Metro Jaya.

Fadil menyampaikan, lantaran mengancam keselamatan jiwa anggota Polri, kemudian melakukan tindakan tegas dan terukur. Hal ini mengakibatkan meninggalnya enam orang yang diduga pengikut Rizieq Shihab.

Sementara itu, lanjut Fadil, sebanyak empat penyerang lainnya berhasil melarikan diri. Kini polisi masih mengejar empat orang pelaku penyerangan. Sementara pihak FPI menyebut sebagian rekannya hilang didiuga diculik.

Editor : Eko D. Ryandi



Close Ads