alexametrics

PR Kabareskrim Baru Tuntaskan Kasus Novel, IPW: Apakah Sigit Mampu?

7 Desember 2019, 06:53:17 WIB

JawaPos.com – Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S. Pane mengingatkan Kabareskrim Polri Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo untuk menyelesaikan kasus-kasus yang masih mangkrak. Salah satu ‘pekerjaan rumah’ yang menanti Listyo adalah kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan.

“Tugas utamanya adalah menuntaskan kasus Novel, mengingat (Jenderal) Idham saat diangkat sebagai Kapolri sudah berjanji akan menuntaskan kasus Novel,” kata Neta saat dihubungi, Jumat (6/12).

Pihaknya menunggu kinerja Sigit setelah menduduki jabatan Kabareskrim. “Apakah Sigit mampu? Kita tunggu saja gebrakannya,” katanya.

IPW menilai kasus Novel adalah kasus yang sulit untuk dipecahkan. Tidak adanya saksi dan minimnya alat bukti menjadi hambatan bagi Polri untuk mengungkap tabir kasus ini. ​​​​​Pihaknya juga menyadari bahwa dari sejumlah kasus penyiraman air keras, jarang yang terungkap pelakunya.

“Dalam banyak kasus penyiraman air keras, jarang sekali polisi mampu mengungkap dan menuntaskannya,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, setelah kosong lebih dari 1 bulan, Kursi Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) akhirnya terisi. Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memutuskan menunjuk Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.

Untuk menggantikan mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu, Idham menunjuk Brigjen Pol Ignatius Sigit Diwiatmono yang sebelumnya menjabat Karopaminal Divpropam Polri. Mutasi ini tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/3229/XII/Kep/2019 tertanggal 6 Desember 2019.

Masih dalam surat telegram yang sama, Idham juga memberikan promosi kepada Kabarhakam Polri Komjen Pol Firli Bahuri sebagai Analis Kebijakan Utama Barhakam Polri. Posisinya digantikan oleh Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto.

Mutasi terhadap Firli sendiri terbilang sangat cepat. Karena dia baru menjabat sebagai Kabarhakam sejak 19 November 2019. Selain itu, pada 15 Desember mendatang, Firli dijadwalkan akan dilantik sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periodo 2019-2023.

Asop Kapolri Irjen Pol Martuani Sormin ditunjuk sebagai Kapolda Sumatera Utara. Dan Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Heru Rudolf Nahak dipilih menggantikan Martuani. Sedangkan Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Pol Tornagogo Sihombing dipromosikan menjadi penerus Rudolf.

Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Eko Indra Heri membenarkan jika Listyo ditunjuk sebagai Kabareskrim. “Benar,” ucapnya saat dikonfirmasi, Jumat (6/12).

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, mutasi ini merupakan hal yang lumrah terjadi. “Sebagai penyegaran dalam organisasi,” tuturnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Antara


Close Ads