alexametrics

Keganasan KKB Papua, Purnawirawan TNI Ragukan Kinerja Intelijen

7 Desember 2018, 13:15:25 WIB

JawaPos.com – Kejadian pembantaian di Distrik Yigi dan Mbua, Kabupaten Nduga saat peringatan hari jadi Operasi Papua Merdeka, 1 Desember 2018 mengundang perhatian Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD). Operasi intelijen lantas dipertanyakan.

Ketua Umum PPAD Kiki Syahnakri heran seharusnya ada peringatan dari pihak intelijen agar mewaspadai serangan dari pemberontak bersenjata pada HUT OPM.

“Di sini kesannya dari kejadian Nduga tidak ada keterpaduan. Tanggal 1 Desember hari ultah OPM. Masa intelijen tidak ada peringatannya waspadai itu,” ujarnya saat menggelar konferensi pers di Gedung PPAD, Matraman Raya, Jakarta, Jumat (7/12).

Kata dia, intelijen adalah garis terdepan negara. Sebab kegiatan apapun mulai dari pengamanan, keamanan, hingga pembangunan ekonomi sekalipun memutuhkan data dari intelijen.

Untuk itu, pemerintah menurutnya perlu melakukan evaluasi secara menyeluruh. Terkhusus dalam sistem intelijen.

“Saya tidak tau bagaimana kinerja intelijen yang ada sekarang ini atau lalu. Untuk itu kita sarankan dievaluasi secara konkret. Mereka yang tau bagaimana operasi intelijen ini. Mereka harus investigasi dan evaluasi secara menyeluruh,” tutur dia.

Terlebih, jika dibandingkan dengan negara lain, Indonesia bisa dibilang memiliki mekanisme intelijen yang bagus. Kepala Bidang Pejuangan PPAD Soekarno mengatakan, Indoneisa memiliki barisan intelijen bukan hanya di pusat namun juga di setiap desa.

Mulai dari Babinsa milik TNI dan Kamtibmas kepunyaan Polri. Menurut dia, mereka harusnya bisa diorganisir dengan baik. Sebab, mereka adalah aparat terdepan yang memberi informasi pertama karena langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Misalnya saja memberi informasi penyelundupan senjata yang dipakai para pemberontak di Nduga yang kabarnya berstandar NATO. “Belum jelas ini senjata apa. Kembali masalah intelijen yang harus peka betul. Harus diusut ini,” pungkas Kiki.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (dna/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Keganasan KKB Papua, Purnawirawan TNI Ragukan Kinerja Intelijen