JawaPos Radar

Polri Targetkan Densus Antikorupsi Sudah Beroperasi Akhir Tahun Ini

07/08/2017, 19:47 WIB | Editor: Mochamad Nur
Polri Targetkan Densus Antikorupsi Sudah Beroperasi Akhir Tahun Ini
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (Dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com -Mabes Polri terus menggodok wacana pembentukan Dentasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Antikorupsi). Hal ini berkaitan untuk meningkatkan perannya dalam memberantas praktik korupsi di Indonesia.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menyebutkan bahwa Polri menargetkan Densus Antikorupsi ini sudah rampung pada akhir tahun 2017 ini. "Akhir tahun diharapkan sudah terbentuk dan sudah mulai bekerja," kata Setyo, Senin (7/8).

Bahkan Polri kata dia telah menyiapkan kantor Densus Antikorupsi di Gedung Polda Metro Jaya yang berjumlah enam lantai. Kendati begitu, Setyo belum mau memaparkan jumlah personel dan isi struktus organisasi dari Densus itu.

Setyo menambahkan, untuk regulasinya akan langsung berada di bawah komando Kapolri atau langsung dikendalikan dari pusat. Menurut Setyo Densus Antikorupsi ini akan seperti Densus 88.

Untuk Undang-Undang (UU) sendiri, Setyo mengatakan akan fokus pada payung hukum tindak pidana korupsi (tipikor). Hal tersebut berbeda dengan UU yang dimiliki oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "UU Tipikor saja. Kalau KPK lembaga baru, polisi dari dulu nangani korupsi," tambah dia. 

(elf/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up