alexametrics

Jadi Saksi Kasus Ratna, Fahri Hamzah Dicecar Pertanyaan soal Tompi

7 Mei 2019, 11:42:41 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah dicecar pertanyaan terkait silang pendapatnya dengan dr. Teuku Adifitrian alias Tompi saat memberi kesaksian di sidang terdakwa dugaan kasus penyebaran berita bohong, Ratna Sarumpaet. Dia dicecar pertanyaan ini oleh Tim Kuasa Hukum terdakwa.

Fahri mengaku mengenal Tompi. Bahkan dia mengaku pernah menempuh pendidikan di satu universitas, tapi dengan angkatan yang berbeda. Kala itu Tompi mengenyam studi di Fakultas Kedokteran, sedangkan Fahri di Fakultas Ekonomi.

Legislator asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu tidak menampik terjadi silang pendapat di media sosial (medsos) saat kasus Ratna mulai terangkat ke publik pada 2-3 Oktober 2018. Namun, silang pendapat ini dianggap wajar, bahkan dengan pihak lain pun Fahri sudah biasa mengalami hal serupa.

“Dengan banyak orang itu biasa,” ujar Fahri dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (7/5).

Fahri menuturkan, adanya perselisihan dengan Tompi di medsos itu, nyatanya tak berlanjut dalam kehidupan nyata. Setelah Ratna membuat pengakuan publik atas kebohongannya, Fahri mengaku sempat diundang oleh Tompi untuk mengisi sebuah acara talk show.

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah dalam sidang terdakwa dugaan kasus penyebaran berita bohong, Ratna Sarumpaet, Selasa (7/5). (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Fahri pun memenuhi undangan tersebut. Saat bertemu, menurut pengakuan Fahri, mereka berdua tidak tampak tengah berselisih paham, tidak pula membahas kasus Ratna Sarumpaet.

“Setelah itu pernah mengisi acara bersama. Dia (Tompi) mengundang juga di acara talk show-nya. Biasa-biasa aja cipika-cipiki,” katanya.

Lebih lanjut, Fahri mengatakan silang pendapat dengan Tompi hanya berlangsung sebelum Ratna membuat pengakuan. Setelah ada fakta bahwa aktivis kemanusiaan itu berbohong, maka perselisihan pun selesai, tak berlanjut.

“Semua dinamika ini sebelum konferensi pers pengakuan Bu Ratna. (Ketika dia) mengaku berbohong, semua orang merasa prihatin,” pungkasnya.

Dalam persidangan ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) juga membacakan sejumlah cuitan di Twitter yang menunjukkan perselisihin antara Fahri dan Tompi. Fahri pun mengakui kebenaran tulisannya itu.

Sebelumnya, penyanyi sekaligus dokter bedah plastik, dr. Teuku Adifitrian alias Tompi memberikan kesaksian untuk persidangan kasus berita bohong Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta, Selasa (23/4).

Dalam kesaksiannya, Tompi sangat yakin bahwa foto wajah lebam Ratna Sarumpaet yang beredar di medsos bukanlah luka bekas penganiayaan atau dipukuli seperti yang sebelumnya diakui terdakwa.

Tompi mengaku berani menyebut bahwa wajah lebam Ratna Sarumpaet itu bekas operasi bedah plastik. Dia menyampaikan hal-hal yang membuat dirinya berani menyatakan di Twitter bahwa wajah bengkak Ratna Sarumpaet itu karena operasi plastik.

“Yakin dan berani (membuat statement) kalau itu bedah plastik. Kalau perlu nyawa saya berikan, karena saya berani,” ujar Tompi.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads