alexametrics

Tuding TNI Bakar 5 Honai Milik Warga, Jadi Alasan KKSB Serang Prajurit

7 Maret 2019, 21:23:02 WIB

JawaPos.com – Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) mengklaim telah merebut empat pucuk milik TNI. Bahkan mereka mengaku telah menewaskan lima orang prajurit dalam kontak senjata.

Pernyataan itu disampaikan Komadan Operasi Pemne Kogeya melalui akun Facebook resmi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB). “Dalam kontak senjata disertai perampasan senjata, lima anggota TNI tewas di tempat, di Kampung Widi, Distrik Derakma,” kata Pemne dalam posting-an di akun tersebut, Kamis (7/3).

Dijelaskan bahwa kontak senjata antara Panglima Daerah Pertahanan (Kodap) III Ndugama dengan TNI terjadi sekitar pukul 12.30 WIT. Mereka mengklaim kontak senjata berawal dari delapan anggota TNI dari Pos Distrik menuju Kampung Widi sempat menginterogasi Amos Kogeya bersama istrinya di tengah perjalanan. TNI juga dituding membakar lima honai milik warga.

“Maka pasukan TPNPB mengepung delapan anggota tersebut dan terjadi kontak senjata, maka baku kejar mengejar membuat lima anggota TNI. Pasukan TPNPB berhasil melumpuhkan dan merebut empat pucuk senjata,” jelas Pemne.

Sekira pukul 15.00 WIT, dua buah helikopter masuk ke wilayah tersebut dan mengevakuasi mayat prajurit TNI.

Sementara itu dari pihak TNI menyampaikan bahwa KKSB melakukan serangan ketika pihaknya bergerak ke Distrik Mugi, Kabupaten Nduga untuk melakukan pengamanan jalur trans-Papua. Bukan lima, melainkan tiga anggota TNI yang gugur atas peristiwa kontak tembak itu.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini



Close Ads
Tuding TNI Bakar 5 Honai Milik Warga, Jadi Alasan KKSB Serang Prajurit