alexametrics

DPR Diminta Tidak Pilih Calon Hakim MK yang Belum Serahkan LHKPN

7 Februari 2019, 16:56:13 WIB

JawaPos.com – DPR tengah melakukan proses seleksi terhadap 11 orang calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Namun sebanyak lima orang calon hakim konstitusi dinilai belum menyerahkan Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Menanggapi hal ini, pakar hukum tata negara Bivitri Susanti meminta DPR untuk tidak memilih calon hakim konstitusi yang belum menyerahkan LHKPN. Dia menilai, itu merupakan syarat yang telah dilanggar oleh para calon hakim MK.

“Saya kira itu harus jadi catatan penting buat anggota DPR yang menyeleksi, karena ini menunjukkan bahwa dia sudah melanggar hukum. Bagaimana bisa seorang hakim MK melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, karena buat pejabat kan kewajiban itu ada di UU,” kata Bivitri saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (7/2).

Bivitri menuturkan, DPR harus memilih calon hakim konstitusi yang memiliki integritas. Belum pernah menyerahkan LHKPN merupakan bukti tidak taat kepada Undang-Undang.

Bivitri mencontohkan, DPR mempunyai catatan buruk dalam memilih hakim konstitusi. Hal ini agar tidak ada lagi prilaku seperti mantan Ketua MK Akil Mochtar yang divonis seumur hidup karena melakukan tindak pidana korupsi.

“Kita enggak mau ada lagi Akil Mochtar yang lain,” tegasnya.

Selain itu, Bivitri memandang hakim konstitusi ke depan harus memahami Hak Asasi Manusia (HAM) dan permasalahan pemilu. Sebab, pada 2019 akan banyak sengketa penyelesaian pileg dan pilpres di MK.

“Buat saya yang penting banget hakim konstitusi semuanya itu paham betul soal HAM,” jelasnya.

Untuk diketahui, terdapat 11 calon hakim Konstitusi yang tengah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan. Mereka diantaranya, Hestu Armiwulan Sochmawardiah, Aidul Fitriciads Azhari, Bahrul Ilmi Yakup, M Galang Asmara, Wahiduddin Adams, Refly Harun, Aswanto, Ichsan Anwary, Askari Razak, Umbu Rauta, dan Sugianto.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Copy Editor :

DPR Diminta Tidak Pilih Calon Hakim MK yang Belum Serahkan LHKPN