alexametrics

Kasus Kemenpora, KPK Panggil Tiga Orang Saksi

7 Januari 2019, 11:18:23 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengembangkan perkara dugaan suap dana hibah Kemenpora ke KONI yang telah menetapkan lima orang sebagai tersangka. Kali ini, penyidik memanggil Herman Chaniago yang merupakan Asisten Deputi III atau tenaga keolahragaan.

Juru bicara KPK Febri Diansyah menyebut, Herman diperiksa untuk tersangka EFH. “Yang bersangkutan diperiksa untuk Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy (EFH),” ucapnya pada awak media, Senin (7/1).

Selain Herman, Febri menuturkan ada dua saksi yang juga dipanggil yaitu Bambang Siswanto, selaku Kabid Asdep Pembibitan atau tim verifikasi dan Arsani, selaku Plt Asisten Deputi IV Organisasi Prestasi untuk EFH.

Namun, mantan aktivis ICW ini belum membeberkan informasi apa yang akan diklarifikasi oleh penyidik ke tiga orang saksi ini. Sekadar informasi, dalam kasus ini KPK resmi menetapkan Deputi IV Kementerian Pemuda dan Olahraga Mulyana sebagai tersangka penerima suap.

Selain Mulyana, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyebut pihaknya juga menetapkan empat orang sebagai tersangka yaitu Adhi Purnomo (pejabat pembuat komitmen pada kemenpora), dan Eko Triyanto (staff kemenpora) sebagai pihak penerima.

Sementara pihak pemberi yakni Ending Fuad Hamidy Sekjen KONI dan Jhonny E Awuy Bendum KONI. Ini berkaitan dengan kasus dugaan suap fee sebesar Rp 3,4 miliar dari dana hibah senilai Rp 17,9 miliar.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Intan Piliang



Close Ads
Kasus Kemenpora, KPK Panggil Tiga Orang Saksi