alexametrics

Budi Mulya Ajukan JC, Siap-siap Kasus Besar Bakal Terbongkar

6 Desember 2018, 17:40:09 WIB

JawaPos.com – Budi Mulya yang merupakan terpidana kasus dugaan suap Bank Century mengajukan Justice Collaboration (JC). Pengajuan tersebut langsung dilakukan sang anak, Nadia Mulya pada Rabu kemarin (5/12) ke Kantor KPK.

Hal ini ditanggapi oleh Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang saat ditemui  Deklarasi Optimalisasi Penderimaan Daerah bersama KPK di Halaman Gedung DPRD Sumsel, Kamis (6/12). “Ya boleh saja, dia (Nadya) mewakili keluargaya untuk mengajukan JC,” kata Saut.

Diterangkannya, ada beberapa persyaratan jika JC ini ingin diterima. Yakni pelaku yang mengajukan JC bukan merupakan pelaku utama. Kemudian syarat kedua yakni harus menyeret nama lain yang terlibat dalam kasus ini.

Artinya, pelaku akan membongkar kasus yang lebih besar lagi. Dengan begitu, dapat mempermudah penyelidikan kasus dugaan suap Bank Century yang sempat mandeg pada tahun 2015 lalu. “Kita lihat saja nanti perkembangannya, saya juga belum baca suratnya,” tutupnya.

Sebelumnya, Nadia Mulya mendatangi gedung KPK didampingi ibu, Anne Mulya dan pengacara. Kedatangan mereka mengajukan JC dengan menyerahkan sejumlah dokumen kepada petugas KPK.

Seperti diketahui, Budi Mulya dihukum 10 tahun penjara dalam kasus dugaan suap perkara Bank Century. Budi terbukti bersalah dalam proses pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan penentuan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.

Kerugian negara yang dialami dalam kasus ini yakni sebesar Rp 8,012 triliun. Budi pun diperberat oleh Mahkamah Agung (MA) sehingga vonis pun menjadi 15 tahun penjara.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (lim/JPC)

Budi Mulya Ajukan JC, Siap-siap Kasus Besar Bakal Terbongkar