alexametrics

Wiranto Sebut Akan Bentuk Sistem Pembinaan Penghayat Kepercayaan

6 April 2018, 21:06:10 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyatakan, pihaknya akan membentuk sistem pembinaan penghayat kepercayaan yang sebelumnya akan dimasukkan ke dalam kolom agama di e-KTP. 

“Nggak ada yang istimewa. Masih diskursus dan brainstorming saja, belum ada hal yang baru (pembahasan penghayat kepercayaan di e-KTP),” kata Wiranto di Gedung Menko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (6/4).

Menurut Wiranto, pembinaan aliran kepercayaan saat ini sudah diurus oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sedangkan, untuk enam agama yang secara sah boleh terdapat di Indonesia telah diatur di Kementerian Agama.

“Kita hanya memastikan supaya tidak overlapping (penghayat kepercayaan),” ujar Wiranto.

Meski demikian, kata Wiranto, pihaknya tidak membuat aturan baru terkait aliran kepercayaan yang sebelumnya akan dimuat di dalam kolom agama di e-KTP. 

“Nggak ada (aturan baru),” jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah akan mempersiapkan e-KTP khusus untuk para penganut aliran kepercayaan.Keputusan ini diambil dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/4). Langkah ini diambil untuk mengakomodasi putusan Mahkamah Konstitusi perkara Nomor 97/PPU-XIV/2016.

Editor : Kuswandi

Reporter : (rdw/JPC)


Close Ads
Wiranto Sebut Akan Bentuk Sistem Pembinaan Penghayat Kepercayaan