JawaPos Radar

Tim Audit BPK Periksa KPK, Apa Kata Agus Rahardjo?

05/10/2017, 05:22 WIB | Editor: Imam Solehudin
Pansus Angket KPK
Ketua KPK, Agus Rahardjo (Dok.Jawapos)
Share this

JawaPos.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dikabarkan membuat tim audit untuk pemeriksaan dengan tujuan tertentu (PDTT) terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu diketahui merupakan permintaan dari Pansus Angket DPR.

"Benar hari ini Tim BPK telah mengadakan pertemuan awal atau entry meeting dalam rangka pemeriksaan dengan tujuan tertentu di KPK," ujar Juri Bicara BPK Yudi Ramdan Budiman saat dikonfirmasi, Rabu (4/10).

Kendati demikian, dia tidak mengetahui secara rinci apa saja yang akan diperiksa BPK terhadap KPK. "Saya belum memiliki informasi lebih jauh lagi," tukas Yudi.

Sementara itu, Ketua KPK Agus Rahardjo tak mempersoalkan jika BPK ingin melakukan pemeriksaan terhadap institusinya. "Kami mempersilakan," ucap dia.

Diketahui, beredar surat berkop BPK untuk PDTT. Dalam surat itu, pemeriksaan akan dilakukan terhadap empat hal.

Pertama, pelaksanaan pencegahan, penindakan, koordinasi, supervisi, dan monitoring terhadap penanganan tindak pidana korupsi.

Kedua, manajemen sumber daya manusia. Ketiga, manajemen sistem informasi dan data. Keempat, manajemen barang sitaan dan barang rampasan negara.

Itu semua menyangkut aspek operasional dan keuangan untuk tahun anggaran dari 2010 sampai dengan 2017 pada KPK. Adapun PDTT yang diketuai Adi Kurniadi dilakukan dengan jangka waktu 50 hari.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up