alexametrics
Kasus OTT Bupati Probolinggo

Diangkut Bus Pariwisata, 17 Tersangka Langsung Ditahan

5 September 2021, 12:01:37 WIB

JawaPos.com – Rombongan tersangka pemberi suap Bupati Probolinggo (nonaktif) Puput Tantriana Sari menyusul ditahan KPK kemarin (4/9). Total ada 17 orang. Mereka diangkut dari Probolinggo ke Gedung Merah Putih KPK lewat jalur darat dengan menggunakan bus pariwisata Pandawa 87.

Pantauan Jawa Pos, rombongan tersangka yang dikawal ketat kepolisian itu tiba pukul 09.30.

Mereka langsung menjalani pemeriksaan. Kemudian, sekitar pukul 16.30, para tersangka ditahan untuk 20 hari ke depan di 6 rumah tahanan negara (rutan) berbeda. Perinciannya, 11 tersangka ditahan di Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur. Yakni, Ali Wafa, Mawardi, Mashudi, M. Bambang, Masruhen, Abdul Wafi, Kho’im, Akhmad Saifullah, Jaelani, Uhar, dan Nurul Hadi.

Berikutnya, 2 tersangka ditahan di Rutan Polres Jakarta Timur. Yakni, Nurul Huda dan Hasan. Selanjutnya seorang tersangka, yakni Sugito, ditahan di Rutan Salemba. Kemudian Sahir ditahan di Rutan Polres Jakarta Barat. Tersangka Samsudin ditahan di Rutan KPK Gedung Penunjang. Dan tersangka Maliha ditahan di Rutan Polda Metro Jaya.

Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto menjelaskan, penahanan dilakukan untuk kepentingan penyidikan. Juga agar para tersangka tidak melarikan diri dan menghilangkan barang bukti. ”Penahanan terhitung sejak 4 September sampai dengan 23 September mendatang,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, KPK menetapkan 22 tersangka dalam perkara dugaan suap pengisian penjabat (Pj) kepala desa (Kades) di Probolinggo. Bupati Probolinggo (nonaktif) Puput Tantriana Sari dan suaminya, Hasan Aminuddin, ditetapkan sebagai tersangka penerima suap dari 18 orang, mayoritas ASN.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tyo/c17/oni

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads