JawaPos Radar | Iklan Jitu

KPK Terima 14 Laporan Dugaan Gratifikasi Tiket Asian Games

05 September 2018, 11:30:59 WIB | Editor: Estu Suryowati
KPK Terima 14 Laporan Dugaan Gratifikasi Tiket Asian Games
Ariel Noah, Rian d’Masiv, Cakra Khan, dan Sheryl Sheinafia menutup Opening Ceremony Asian Games 2018 dengan lagu 'Bright as The Sun'. (Issak Ramadhan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pesta Asian Games 2018 dengan Negara Indonesia menjadi tuan rumah telah usai. Namun, ada sedikit masalah yang menimpa sejumlah penyelenggara negara.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut ada dugaan gratifikasi yang diterima sejumlah penyelenggara negara berupa tiket nonton pertandingan Asian Games 2018. Lembaga antikorupsi ini menerima laporan sebanyak 14 laporan gratifikasi terkait tiket Asian Games 2018.

"KPK telah menerima total 14 laporan gratifikasi terkait tiket Asian Games," ungkap juru bicara KPK Febri Diansyah pada awak media, Rabu (5/9).

Febri menyebutkan, 13 dari 14 laporan tersebut, tiket gratisnya tidak jadi digunakan. Sementara itu, satu laporan menyebutkan 2 tiket telah digunakan. Namun, mantan aktivis ICW ini enggan menyebut identitas pelapor tersebut.

"Level jabatan pelapor beragam, yaitu dirjen, direktur, kepala subdirektorat, serta sekretaris dan account representative di DJP (Ditjen Perpajakan)," imbuhnya.

Dia mengatakan, nantinya ada waktu 30 hari bagi KPK untuk menentukan status barang yang dilaporkan. Febri pun mengimbau para pejabat lain yang menerima segera melaporkan penerimaan gratifikasi tiket Asian Games.

"Intinya, setelah pelaporan ini, ada waktu 30 hari kerja maksimal bagi KPK untuk lakukan analisis. Dan, belum terlambat bagi pihak-pihak lain yang menerima untuk melaporkan ke KPK," pungkasnya.

Sebelumnya, KPK sudah menerima satu laporan gratifikasi tiket Asian Games dari pihak yang enggan disebutkan namanya. Laporan itu berisi penolakan pemberian tiket gratis nonton pertandingan di Asian Games.

(ipp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up