JawaPos Radar

Dolar Makin Tinggi, Harga Pangan Tetap Stabil

05/09/2018, 16:18 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Dolar Makin Tinggi, Harga Pangan Tetap Stabil
Ilustrasi. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Lemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) belum berdampak terhadap harga pangan. Ketua Satuan Tugas Pangan mengatakan Irjen Pol Setyo Wasisto, harga barang kebutuhan pokok terpantau masih stabil.

"Belom ada, semoga tidak ada. Jangan (sampai) terpancing (naik)," ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (5/9).

Kendati demikian, Satgas Pangan katanya akan tetap melakukan pengawasan dengan situasi rupiah saat ini. Terutama terhadap barang-barang yang diimpor.

"Kita akan melihat dan kerja sama dengan kementerian terkait berapa yang diimpor dan di mana dia disimpan karena tidak boleh mengadakan penimbunan kan," tegasnya.

Dia menjelaskan beberapa komoditas memang harus diimpor karena di dalam negeri tidak mencukupi. Misalnya seperti bawang putih. "Mau tidak mau suka tidak suka ya harus impor. Tapi impor itu harus diawasi dan dibatasi," jelasnya.

Setyo pun berharap agar ada selektifitas dalam melakukan impor komoditas pangan. "Kita berharap kalau pangan yang tidak perlu sekali diimpor, mendingan jangan diimpor," kata dia.

Sementara itu, Setyo menambahkan hingga kini belum ada gangguan kamtibnas atas tingginya nilai tukar dolar. "Kalau secara langsung terjadi kejahatan, saya belum melihat ke sana," tukasnya.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up