alexametrics

Roy Suryo Ditahan Usai Dipastikan Sehat Jasmani dan Rohani

5 Agustus 2022, 22:26:06 WIB

JawaPos.com – Roy Suryo resmi ditahan di Polda Metro Jaya pada Jumat (5/8) malam. Roy sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus ujaran kebencian. Sebelum dilakukan penahanan, polisi memastikan tersangka sudah dinyatakan sehat secara jasmani dan rohani.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menyatakan bahwa penahanan Roy Suryo dilakukan setelah sebelumnya diperiksa kesehatan oleh Dokkes.

“Disimpulkan bahwa yang bersangkutan sehat jasmani maupun rohani. Sehingga dilakukan pemeriksaan tambahan,” ujar Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (5/8).

Zulpan enggan merinci materi pemeriksaan lanjutan yang dimaksud. Namun, ia memastikan penahanan Roy Suryo dilakukan setelah mendengar keterangan dari berbagai saksi.

“Mulai dari saksi ahli bahasa, ahli agama, ahli media sosial, ahli hukum, ahli pidana, saksi terkait ITE,” jelasnya.

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya resmi melakukan penahanan kepada tersangka kasus dugaan ujaran kebencian Roy Suryo. Dia ditahan usai menjalani pemeriksaan pada Jumat (5/8) sejak pukul 13.00 WIB.

“Setelah dilakukan pemeriksaan dari siang, maka penyidik memutuskan mulai malam hari ini terhadap Roy Suryo sebagai tersangka kasus ujaran kebencian ini dilakukan penahanan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (5/8).

Roy Suryo akan ditahan untuk 20 hari ke depan. “Hal ini (penahanan, Red) dilakukan karena ada kekhawatiran dari penyidik yang bersangkutan akan menghilangkan barang bukti,” jelasnya.
Roy sebelumnya disorot karena ikut touring acara Komunitas Mercedes Benz SL Club (MBSL) Indonesia di Rest Area Km 11 Tol Jagorawi pada Minggu (31/7). Di sana Roy Suryo bahkan nampak ceria dan bisa tertawa, padahal tengah berstatus sebagai tersangka.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Tazkia Royyan Hikmatiar

Saksikan video menarik berikut ini: