alexametrics

KPK Perpanjang Penahanan Zumi Zola

5 Juli 2018, 01:00:19 WIB

JawaPos.com – Gubernur Jambi nonaktif, Zumi Zola diperpanjang masa penahanannnya selama 30 hari ke depan. Perpanjangan penahanan bertujuan merampungkan berkas perkara penyidikan mantan pesinetron tersebut.

“Penyidik memperpanjang penahanan terhadap ZZ, Gubernur Jambi selama 30 hari ke depan terhitung 8 Juli sampai 6 Agustus 2018 dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi,” beber juru bicara KPK, Febri Diansyah pada awak media, Rabu (4/7).

Menanggapi penahanannya, Zumi memilih diam seribu bahasa saat dicecar pertanyaan oleh awak media. Dia terus berjalan meninggalkan awak media menuju mobil tahanan yang sudah menunggunya.

Gedung KPK
Gedung KPK Merah Putih (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

Menurut Febri, penahanan Zumi karena Penyidik masih membutuhkan keterangan dari Gubernur muda itu dalam proses pemeriksaan saksi-saksi yang lain. Dia juga menambahkan, keterangan Zumi dibutuhkan untuk mendalami fakta persidangan yang digelar untuk terdakwa lain di Jambi.

“KPK masih membutuhkan keterangan yang bersangkutan dan proses pemeriksaan saksi-saksi lain, termasuk pendalaman terhadap fakta-fakta persidangan di kasus suap yang telah di sidang untuk beberapa terdakwa di Jambi,” jelasnya.

Untuk diketahui, Zumi pertama kali ditahan pada Senin (9/4). Sedangkan pada Jumat (2/2) penyidik resmi menetapkan tersangka pada mantan aktor sinetron ini.

Sekadar informasi, Zumi Zola ditetapkan tersangka bersama Arfan yang merupakan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR yang sekaligus menjabat sebagai Plt. Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi.

KPK menduga, keduanya secara bersama-sama menerima hadiah atau janji terkait proyek-proyek di Provinsi Jambi. Serta, penerimaan lainnya dalam kurun waktu jabatannya sebagai Gubernur Jambi periode 2016-2021 dengan jumlah Rp 6 miliar.

Atas perbuatannya, mereka disangkakan melanggar Pasal 12 B atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Editor : Kuswandi

Reporter : (ipp/JPC)

KPK Perpanjang Penahanan Zumi Zola