alexametrics

Lebaran Pertama, Tahanan Korupsi di Rutan KPK Dibesuk Keluarga

5 Juni 2019, 12:35:31 WIB

JawaPos.com – Hari pertama Lebaran, keluarga tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tampak mengunjungi rumah tahanan (rutan) K4 KPK di belakang Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan (Jaksel), Rabu (5/6). Tampak sanak saudara tahanan membawa oleh-oleh untuk keluarga yang dibesuknya di dalam.

Pantauan JawaPos.com di lokasi, secara bergiliran keluarga tahanan masukan ke dalam rutan K4. Keluarga ada yang menunggu sejak pagi, usai melaksanakan salat id yakni sekitar pukul 07.30 WIB. Sementara keluarga tahanan baru bisa masuk ke dalam rutan K4 setidaknya pada pukul 08.30 WIB setelah petugas KPK membuka pintu gerbang rutan.

Sebagai informasi, di dalam rutan K4 yang bertempat di jalan Kuningan Persada, Jaksel ini sejumlah nama-nama besar di tahan. Beberapa nama tersebut antara lain mantan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir hingga mantan Menteri Sosial Idrus Marham.

Sebelumnya, Juru bicara KPK, Febri Diansyah menjelaskan, saat ini, terdapat sekitar 64 tahanan yang mendekam di tiga Rutan KPK. Sebanyak 30 tahanan di Rutan Gedung Merah Putih KPK, 11 tahanan di Rutan Gedung KPK lama, dan 23 tahanan lainnya di Rutan Pomdam Jaya Guntur.

Pagi tadi, dari jumlah tersebut, sebanyak 33 tahanan diantaranya menjalankan Salat Idul Fitri di Masjid Rutan Pomdam Jaya Guntur. Setelah melaksanakan Salat id, para tahanan dibawa kembali ke Rutan masing-masing. Sementara pada Hari Raya Idul Fitri ini, KPK memberikan kesempatan kepada para tahanan untuk menerima besuk dari keluarga.

Keluarga diperbolehkan mengunjungi tahanan pada lebaran hari pertama dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB dan lebaran hari kedua atau 6 Juni 2019 dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Hingga berita ini dibuat, belum ada keluarga tahanan yang bersedia di wawancara. Hanya ada salah satu keluarga tahanan saja yang bersedia di wawancara yakni mertua dari mantan Bupati Kepulauan Banggai, Zainal Mus Oce Bungalan.

Keluarga tahanan KPK, mertua Bupati Kepulauan Banggai, Zainal Mus Oce Bungalan. (RianAlfianto/JawaPos.com).

Ditemui usai menjenguk, Oce Bungalan, mengaku membawakan makanan favorit menantunya untuk dapat disantap di hari Lebaran ini. “Bawa banyak, buah, kue basah, kue kering.Termasuk Papeda, makanan favoritnya,” kata Oce di depan Rutan K4 KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (5/6).

Oce melanjut, Zainal Mus saat ini dalam keadaan sehat. “Anak saya sehat di dalam (rutan),” katanya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads