alexametrics

Hinca Bakal Ajukan Rehabilitasi untuk Andi Arief

5 Maret 2019, 14:01:25 WIB

JawaPos.com – Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan berencana menjenguk Andi Arief yang diamankan Direktorat IV Bareskrim Polri Minggu (3/3). Namun rencananya ia tidak sendiri, keluarga Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat itu juga turut menjenguk.

“Pak Hinca Panjaitan sebagai kuasa hukum dan keluarga kabarnya akan jenguk,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Selasa (5/3).

Selain menjenguk, Hinca dan keluarga Andi kabarnya ingin mengajukan rehabilitasi. “Keluarga saudara AA akan menjenguk sekaligus permohonan ke penyidik untuk rehabilitasi,” jelas Dedi.

Hinca Bakal Ajukan Rehabilitasi untuk Andi Arief
Wasekjen DPP Partai Demokrat diamankan polisi karena kasus narkoba (Istimewa)

Andi memang memiliki kesempatan untuk mengajukan rehabilitasi. Terlebih dia berstatus korban dari penyalahgunaan narkotika. Di dalam penggerebekan kemarin pun tidak ditemukan barang bukti berupa sabu.

Namun keputusan direhabilitasi atau tidak tergantung pertimbangan penyidik yang menangani kasus ini. Kata Dedi, sesuai Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, penyidik memiliki kewenangan 3×24 jam untuk melakukan pemeriksaan terhadap Andi.

Setiap pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika harus dilakukan proses assessment oleh Tim Assessment Terpadu. Sesuai PP 25 tahun 2011 tentang pelaksanaan wajib lapor bagi pecandu narkotika, assessment dilakukan Mahkamah Konstitusi, Kemenkumham, Kemenkes, Kemensos, Jaksa Agung, Polri, kemudian BNN.

Hal itu dilaksanakan melalui peraturan bersama tahun 2014 tentang penanganan pecandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika ke dalam lembaga rehabilitasi. “Setelah assessment baru direkomendasi untuk dilakukan rehabilitasi,” jelasnya.

Soal di mana nantinya Andi direhabilitasi, kata Dedi tergantung permintaan keluarga. “Untuk pusat rehabilitasi ketergantungan ada di Lido. Namun tergantung pihak keluarga mau direhab di mana,” pungkas Dedi.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Hinca Bakal Ajukan Rehabilitasi untuk Andi Arief