alexametrics

KPK Serahkan ke Penuntut Umum Jika Ingin Periksa Putra Megawati

4 Desember 2019, 10:38:40 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan sepenuhnya kepada jaksa penuntut umum (JPU) jika putra sulung Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Mohammad Rizki Pratama, akan dipanggil ke persidangan kasus suap impor bawang putih. Sebab belakangan nama pria yang disapa Tatam itu muncul dipersidangan.

“Sebelumnya belum ada jadwal, kalau di persidangan itu sepenuhnya kewenangan jaksa penuntut umum,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (3/12) malam.

Baca juga: Respons KPK Soal Munculnya Nama Putra Megawati di Sidang Kasus Suap

Dalam persidangan dengan terdakwa Direktur PT Cahaya Sakti Agro (CSA) Chandry Suanda alias Afung, Direktur PT Sampico Adhi Abattoir Doddy Wahyudi dan Wiraswasta Zulfikar di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (28/11) lalu, Jaksa KPK mengonfirmasi mantan anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PDIP, I Nyoman Dhamantra mengenai seseorang bernama Tatam. Nyoman Dhamantra mengaku mengenal nama tersebut.

Bahkan, Nyoman Dhamantra menyebut Tatam merupakan anak Megawati. Diduga nama Tatam merujuk pada Mohammad Rizki Pratama anak Megawati dari pernikahannya dengan almarhum Surindro Supjarso.

Kendati demikian, mantan peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) itu menyebut tidak menutup kemungkinan jika keterangan Tatam dibutuhkan dalam kasus dugaan suap impor bawang putih, dia akan dipanggil oleh penyidik. Namun, hingga saat ini belum ada jadwal pemeriksaan.

“Nanti kalau ada pemeriksaan saksi-saksi begitu, kalau di penyidikan saya informasikan,” jelas Febri.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Muhammad Ridwan


Close Ads