alexametrics

Serangan KKB Karena Foto Upacara HUT OPM? Begini Kata Mabes Polri

4 Desember 2018, 13:34:42 WIB

JawaPos.com – Jumlah korban dan penyebab penembakan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, belum bisa dipastikan. Hal itu ditegaskan Kepala Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Muhammad Iqbal.

“Belum bisa kita pastikan. Ada dugaan narasi beredar bahwa akibat foto dan lain-lain tidak bisa dipastikan,” ujarnya saat menggelar konferensi pers di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa (4/12).

Diketahui, dari informasi melalui Radio SSB dari Pendeta Wilhelmus Kogoya (Tokoh gereja distrik Yigi), penembakan tersebut katanya dipicu lantaran salah seorang pekerja mengambil foto KKB yang sedang merayakan Upacara HUT OPM di Distrik Yigi pada Sabtu (1/12). Kelompok kriminal itu lantas marah dan memberondong pekerja dengan timah panas.

Dikatakan pula, bahwa 24 orang pekerja tewas di tempat. Dua oramg berhasil melarikan diti. Sementara delapan lainnya sempat diselamatkan keluarga Wakil ketua I DPRD Nduga Alimi Gwijangge dab dibawa lari ke Distrik Koroptak. Namun tujuh diantaranya akhirnya tewas setelah diserang.

Iqbal mengatakan, pihaknya perlu melakukan olah tempat kejadian perkara untuk memastikan jumlah pekerja dan penyebab penyerangan tersebut.

“Itu belum bisa kita pastikan. Kita jangan percaya oleh narasi ini karena belum tentu tepat. Jumlah korban, ada yang kabur. Kita akan pastikan dulu. Insyaallah tiga sampai empat jam ke depan kalau ada info kita akan publikasi,” tegas Iqbal.

Di sisi lain dia menerangkan bahwa Distrik Yigi bukan lah daerah kategori merah atau rawan. “Walaupun ada beberapa insiden waktu pemilukada ada penembakan pesawat, tapi selama beberapa waktu ke belakang aman,” pungkas Iqbal.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (dna/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Serangan KKB Karena Foto Upacara HUT OPM? Begini Kata Mabes Polri