alexametrics

31 Warga Papua Tewas, Polri Sudah Identifikasi Pelakunya

4 Desember 2018, 14:07:22 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 31 pekerja proyek jembatan di jalur Trans Papua diduga ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB). Namun Polri belum mengetahui apa motif pelaku menembak puluhan orang hingga akhirnya tewas.

“Benar ada dugaan penembakan yang berakibat tewasnya beberapa orang. Kami belum melakukan pengecekan secara detail,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Brigjen Pol Muhammad Iqbal saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (4/12).

Iqbal menuturkan, mereka yang ditembak oleh KKB merupakan warga asli Papua. Dia pun menyesalkan perbuatan keji tersebut.

31 Warga Papua Tewas, Polri Sudah Identifikasi Pelakunya
infografis pembunuhan di papua (kokoh praba / jawapos.com)

“Kita sangat menyayangkan aksi dari KKB. Bayangkan ini adalah pekerja yang ingin membangun Papua, mensejahterakan Papua, mereka (KKB) malah melakukan tindakan keji itu,” tegasnya.

Untuk mencari motif terjadinya pembunhan tersebut, kata Iqbal, saat ini Kapolda Papua dan Pangdam tengah mendatangi lokasi secara langsung untuk melakukan pengecekan.

“Kita dan TNI akan bertindak tegas. Kita akan kejar, ada beberapa yang sudah teridentifikasi kelompok mana. Bahkan Wakapolri akan landing disitu untuk melakukan analisa situasi keamanan di Papua dengan beberapa pejabat utama,” ucapnya.

Lebih jauh Iqbal menuturkan, saat ini situasi di lokasi penembakan sudah kondusif. Polri bersama TNI melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan tersebut.

“Situasi Papua barat relatif kondusif. Hanya ini konsentrasi di Nduga, pagi kita sudah bergerak ke lokasi,” pungkasnya.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (rdw/JPC)



Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
31 Warga Papua Tewas, Polri Sudah Identifikasi Pelakunya