alexametrics

Divonis Bebas, Sofyan Basir: Saya Bersyukur pada Allah

4 November 2019, 16:29:57 WIB

JawaPos.com – Mantan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir mengungkapkan rasa syukurnya setelah divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (4/11). Sofyan menganggap putusan tersebut berkah dari Tuhan.

“Saya bersyukur pada Allah dan pemerintah yang membantu proses ini selesai,” kata Sofyan usai menjalani sidang vonis di PN Tipikor Jakarta, Senin (4/11).

Selepas keluar dari rumah tahanan KPK, mantan Dirut BRI ini mengaku akan mengabdi lagi kepada masyarakat. Dirinya ingin berbuat yang terbaik untuk orang banyak.

Sementara itu, tim kuasa hukum Sofyan, Soesilo Aribowo tak mempermasalahkan jika jaksa penuntut umum (JPU) KPK akan melakukan upaya hukum lainnya setelah divonis bebas. Menurutnya, KPK harus membuktikan sangkaannya tersebut.

“Kalau bebas murni kasasi, kita siap saja. Kan kasasi itu bukan soal fakta lagi yang dipersoalkan, tapi penerapan hukumnya,” ucap Soesilo.

Kendati demikian, Soesilo mengharapkan agar kliennya dapat bebas dari rutan KPK. Sebab dalam vonis hakim meminta agar Sofyan dibebaskan dari segala tuntutan. “Iya istri dan keluarga sudah menanti. Dia ingin segera kembali ke rumah, istirahat dulu,” pungkasnya.

Sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan vonis bebas terhadap mantan Direktur Utama (Dirut) PT PLN Sofyan Basir. Sofyan dinilai tidak terbukti memfasilitasi pemberian suap dari pengusaha Johanes B Kotjo kepada mantan anggota DPR RI Eni Maulani Saragih dan mantan Menteri Sosial Idrus Marham terkait proyek pembangunan PLTU Riau-1.

Vonis bebas terhadap Sofyan berdasarkan keputusan bulat sejumlah anggota majelis hakim, tidak ada dissenting opinion di antara anggota majelis hakim. “Mengadili, memerintahkan terdakwa Sofyan Basir segera dikeluarkan dari tahanan,” kata Ketua Majelis Hakim Hariono saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (4/11).

Editor : Edy Pramana

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads